Search

Fintech Jalan Keluar UMKM Dapatkan Modal

JAKARTA - Hadirnya industri teknologi finansial atau fintech digadang-gadang mampu menjadi jembatan antara masyarakat unbankable dan Lembaga keuangan. Melalui industri anyar ini pula sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang selama ini sulit mendapatkan pendanaan, diharapkan mampu menjadi UMKM yang naik kelas.

Mengacu pada data Asosiasi Fintech Indonesia, nilai total transaksi digital dari industri fintech sudah mencapai USD21 juta. Nilai ini didapatkan dari 235 perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

BERITA TERKAIT +

Melansir Cekaja.com, Chief Executive Officer International Finance Corporation (IFC) Philippe Le Houérou mengatakan, dengan regulasi yang tepat, industri fintech dapat memberikan pembiayaan yang sangat dibutuhkan oleh UMKM. Di samping itu industri ini juga dapat ikut serta mendukung pencapaian tujuan pemerintah Indonesia dalam hal inklusi finansial.

Intip Hasil Karya Kreatif UMKM pada Karya Kreatif Indonesia 2018

Namun sayangnya saat ini sektor UMKM di Indonesia masih terhambat dalam mendapatkan kredit. Pada tahun 2017 lalu saja, kesenjangan keuangan untuk sektor ini diperkirakan mencapai USD166 miliar atau sekitar 19% dari PDB.

Padahal terdapat 58 juta usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia yang mempekerjakan 89% tenaga kerja sektor swasta. Menyoal kontribusi, UMKM pun tak kalah dengan raksasa industri di sektor lainnya, kontribusi UMKM mencapai 60% total PDB tanah air.

 Ongkos Ekspor Cenderung Mahal, Jumlah Eksportir UMKM Indonesia Cuma 5%

Secara keseluruhan, Le Houérou menambahkan, bahwa Indonesia telah mengambil langkah-langkah penting untuk meningkatkan inklusi finansial. Negeri ini diakui telah mencapai kemajuan besar dalam inklusi keuangan.

Meski begitu masih banyak yang harus dilakukan untuk menjembatani kesenjangan akses keuangan. Namun dengan kerangka kerja pengaturan dan pengawasan yang tepat, fintech dapat memberikan akses layanan pembayaran, tabungan, investasi, kredit, dan juga asuransi.

(feb)

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/08/05/320/1931978/fintech-jalan-keluar-umkm-dapatkan-modal

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fintech Jalan Keluar UMKM Dapatkan Modal"

Post a Comment

Powered by Blogger.