Search

Di Makassar, Mentan Puji Jokowi Soal Angka Kemiskinan 1 Digit

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, memuji kinerja Presiden Jokowi yang telah berhasil menurunkan tingkat kemiskinan hingga satu digit di Indonesia. Menurutnya, angka 9,82 % per Maret 2018 itu merupakan hasil kerja keras pemerintah Jokowi-JK.

"Seluruh sahabat, Presiden Jokowi kita luar biasa, presiden yang merakyat, sederhana, jujur dan tidak kalah pentingnya dalam sejarah tingkat kemiskinan turun satu digit (persen). Terendah sejak 1998," ungkap Amran, Minggu (29/7/2018).

Hal itu ia sampaikan di acara Jalan sehat bersama Sahabat Rakyat Indonesia bersama Presiden Jokowi di Kota Makassar, hari ini.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Maret 2018 persentase penduduk miskin di Indonesia turun 0,30% (630 ribu orang) menjadi 9,82% (25,95 juta orang), yang awalnya sebesar 10,12% (26,58 juta orang) pada September 2017.

"Ini pertama kali Indonesia mendapatkan tingkat angka kemiskinan satu digit," kata Amran pada acara yang diikuti peserta 1 juta orang lebih tersebut.

Amran juga mengatakan, Jokowi pun berhasil membangun infrastruktur dari Sabang sampe Merauke dalam kurun waktu yang cukup singkat. Salah satunya yang mencetak sejarah baru yakni membangun jalan 3.000 kilometer di Papua.

"Infrastruktur dibangun dari Sabang hingga Merauke, bahkan sudah dinikmati saudara kita di Papua, jalan 3000 kilometer dibangun di Papua," tegas Amran.

Tak hanya itu, Amran menekankan capaian keberhasilan pemerintahan Jokowi pun terjadi di sektor pertanian. Tercatat dari data BPS, ekspor pertanian di tahun 2017 sebesar naik 24% menjadi Rp 441 triliun, dibandingkan tahun 2016 yang hanya Rp 355 triliun.

"Di Sulsel telah dibangun tiga bendungan, nilainya Rp 3 triliun, irigasi telah di bangun 3 juta hektar dan terakhir khusus sektor pertanian, kebetulan kami di sektor pertanian, ekspor pangan naik 24 persen. Ini berkat hasil kerja keras kita semua. Kerja keras bapak-ibu bupati dan gubernur semuanya. Kami hanya menghadirkan anggaran dan program yang nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan rakyat," tutur Amran.


Menurut Amran, selama ini Jokowi telah melakukan kunjungan ke Makassar, Sulawesi Selatan sebanyak 10 kali. Ini menunjukkan kepedulian terhadap pembangunan di Sulawesi Selatan dan Indonesia Timur sangat tinggi.

"Terima kasih Pak Jokowi, khususnya dari warga Indonesia Timur. Pak Jokowi menaruh perhatian yang sangat tinggi untuk Indonesia Timur. Kita harus bangga punya Presiden Jokowi," ucap Amran. (ega/zlf)

Let's block ads! (Why?)

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4139302/di-makassar-mentan-puji-jokowi-soal-angka-kemiskinan-1-digit

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Di Makassar, Mentan Puji Jokowi Soal Angka Kemiskinan 1 Digit"

Post a Comment

Powered by Blogger.