Search

Penanganan Stunting di Kepulauan Meranti Melalui Dana Desa - halloriau

Penanganan Stunting di Kepulauan Meranti Melalui Dana Desa

Minggu, 16/02/2020 - 19:03:42 WIB

Stunting.
Stunting.

TERKAIT:

SELATPANJANG - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kepulauan Meranti telah memanggil perwakilan desa untuk mengisi program dan kegiatan untuk penanganan Stunting melalui Dana Desa tahun 2019, 2020 dan 2021.

"Sudah ada beberapa desa yang mengisi formulir program kegiatan untuk penanggulangan stunting," ujar Sekretaris Bappeda Kepulauan Meranti Randolph Hutahuruk.

Dikatakan Randolph melalui Permendes telah diatur sejumlah bentuk kegiatan di bidang kesehatan yang bisa dilakukan menggunakan Dana Desa.

"Termasuk stunting, seperti pemberian makanan tambahan, tablet tambah darah, konseling orang tua dengan anak. Nanti programnya mereka yang sesuaikan," tutur Randolph.

Dikatakan Randolph pada dasarnya seluruh desa setiap tahunnya tetap menganggarkan untuk bidang kesehatan melalui Dana Desa. Namun selama ini seluruh program yang diatur oleh desa belum melalui pemetaan yang terukur dan strategis.

"Cuma sekarang berdasarkan kita pemetaan kemarin ada 23 indikator (stunting), jadi masing-masing desa punya masalah yang berbeda-beda," ujar Randolph.

Sebelumnya pemkab Kepulauan Meranti menggelar rapat Penetapan Desa Lokus Stunting Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2020.

Pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kepulauan Meranti sebagai koordinator Lokus Stunting menjelaskan bahwa ada 1.869 anak yang menderita Stunting di Kepulauan Meranti.

Sesuai dengan Juknis yang diberikan Bappenas, ada 23 indikator yang menjadi acuan dalam penetapan desa Lokus Sunting. Pada tahap awal ini tim Lokus Stunting memberikan perhatian kepada desa fokus stunting.

Penulis: Ali Imroen

Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

Komentar Anda :

Let's block ads! (Why?)

http://www.halloriau.com/read-meranti-125820-2020-02-16-penanganan-stunting-di-kepulauan-meranti-melalui-dana-desa.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penanganan Stunting di Kepulauan Meranti Melalui Dana Desa - halloriau"

Post a Comment

Powered by Blogger.