Search

Mau Terhindar dari Penyakit Kanker? Yuk, Perbanyak Makan Buah dan Sayuran - iNews

JAKARTA, iNews.id – Penyakit kanker memang bisa menimpa siapa saja, termasuk kalangan muda. Lantas, bagaimana solusinya agar terhindar dari penyakit mematikan ini?

Penyakit kanker bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat, faktor gen yang diwarisi oleh orangtua, dan lingkungan. Anda para orangtua memegang peranan penting bagi kesehatan anak-anak ketika mereka dewasa nanti.

Memang kanker yang menimpa anak-anak, kebanyakan dipengaruhi oleh gen dari keluarga. Namun, tidak menutup kemungkinan anak Anda tumbuh dewasa dan berisiko mengalami kanker karena gaya hidup tidak sehat yang diterapkan dari orangtuanya, salah satu di antaranya obesitas. Sebab, sikap dan kebiasaan yang terbentuk pada masa kanak-kanak bisa sangat memengaruhi kesehatan masa depan seseorang.

Tahukah Anda, kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol dalam tubuh. Kanker berkembang ketika mekanisme kontrol normal tubuh berhenti bekerja. Sel-sel tua tidak mati dan malah tumbuh di luar kendali, membentuk sel-sel baru yang abnormal. Sel-sel ekstra ini dapat membentuk massa jaringan yang disebut tumor. Beberapa kanker, seperti leukemia, tidak membentuk tumor.

Dilansir Preventcancer, 1/3 dari semua anak dan remaja mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Remaja yang kelebihan berat badan memiliki 70 persen menjadi orang dewasa yang obesitas.

Kegemukan pada anak telah meningkat tiga kali lipat dalam 30 tahun terakhir. Obesitas bisa disebabkan oleh seringnya mengonsumsi makanan cepat saji dan menghabiskan tiga jam per hari di depan televisi atau bermain smartphone.

Solusi yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua agar anak ketika dewasa tidak berisiko terkena kanker, yaitu anak-anak harus makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Selain itu, anak Anda harus sarapan setiap hari sebelum berangkat sekolah, duduklah untuk makan sehat bersama keluarga sesering mungkin. Satu lagi, jangan lupa untuk menyuruh keluarga Anda untuk berjalan kaki minimal 60 menit dalam sehari.

Penelitian menunjukkan bahwa mulai pada usia muda merupakan faktor penting dalam mengadopsi kebiasaan seumur hidup. Kebiasaan lain yang harus dihindari pada anak Anda ialah paparan sinar matahari yang tidak terlindungi, penggunaan tembakau, dan obesitas di masa kanak-kanak. Semuanya adalah faktor yang menyebabkan peningkatan risiko kanker pada orang dewasa.

Sangat penting bagi orangtua memberi contoh yang baik dengan mengajarkan kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari keluarga. Orang yang tidak merokok, makan-makanan sehat, dan berolahraga secara teratur, memiliki kemungkinan setengah lebih besar untuk tiak mengalami masalah kesehatan yang serius dibandingkan mereka yang mempraktikkan kebiasaan kurang sehat. Dengan mendidik keluarga Anda, mengajari anak-anak kebiasaan sehat, dan memperhatikan mereka, dapat mengurangi risiko kanker bagi keluarga Anda. Demikian dikutip dari Okezone, Minggu (12/1/2020).

Editor : Tuty Ocktaviany

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/lifestyle/health/mau-terhindar-dari-penyakit-kanker-yuk-perbanyak-makan-buah-dan-sayuran

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mau Terhindar dari Penyakit Kanker? Yuk, Perbanyak Makan Buah dan Sayuran - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.