Search

Ada Runway 3 Bandara Soetta, Maskapai Hemat Rp 75 Juta/Penerbangan - detikFinance

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan maskapai lebih hemat bahan bakar dengan hadirnya runway tiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Berdasarkan hitung-hitungan, penghematan mencapai Rp 75 juta tiap penerbangan.

Bertambahnya landasan pacu membuat proses pesawat lepas landas maupun parkir menjadi lebih cepat. Jika biasanya pesawat harus antre lama karena landasan pacu cuma ada dua, dengan bertambah satu menjadi lebih cepat. Otomatis bahan bakar tak terbuang sia-sia.

"Tadi disampaikan, penghematannya Rp 75 juta. Yang jelas dari jumlah fuel yang digunakan kalau selama ini berapa menit harus menunggu, itu jadi lebih pendek," kata Budi Karya di Bandara Soetta, Cengkareng, Minggu (8/9/2019).


Sebagai gambaran, sebelum adanya runway tiga, pesawat harus menunggu 7 antrean sebelum lepas landas. Dengan beroperasinya runway tiga antrean hanya sampai 4 pesawat.

"Selama ini kita kan selalu nunggu, take off dan landing 7 pesawat bahkan, nunggu nanti tak lebih dari 4 pesawat," sebutnya.

Budi Karya menilai pengoperasian runway tiga sejauh ini berlangsung mulus. Landasan pacu tersebut didarati perdana oleh pesawat komersial, Kamis 15 Agustus 2019. Pesawat dari maskapai NAM Air, dengan jenis Boeing 737-500 menjadi pesawat komersial pertama yang mendarat di sana.


Hari ini dirinya juga menyaksikan langsung pendaratan dan lepas landas pesawat di runway tersebut. Hasilnya semua berjalan dengan baik.

"Baru saja dilaksanakan pengamatan atas take off Citilink Airbus 320 berjalan mulus. Kami juga saksikan NAM Air Boeing 737 500 mendarat mulus. Dalam kesempatan ini runway tiga sudah beroperasi hampir sebulan dan berlangsung baik," tambahnya.

Simak Video "Menhub Minta Tarif Promo Penerbangan Menuju Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)

Let's block ads! (Why?)

https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4698059/ada-runway-3-bandara-soetta-maskapai-hemat-rp-75-jutapenerbangan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Runway 3 Bandara Soetta, Maskapai Hemat Rp 75 Juta/Penerbangan - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.