Search

Dana Desa untuk Bangun Kesehatan Masyarakat - Tribun Jogja

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pemerintah desa didorong untuk memanfaatkan dana desa dalam membangun kesehatan masyarakat.

Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kulon Progo, Susilaningsih mengatakan pemanfaatan dana desadi Kulon Progo selama ini lebih banyak untuk pembangunan infrastruktur.

Namun begitu, tidak tertutup kemungkinan pemanfaatannya untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Termasuk, untuk urusan kesehatan melalui program pemberdayaan masyarakat.

"Misalnya untuk mengatasi masalah kesehatan, pos pelayanan terpadu (posyandu), atau untuk operasional kegiatan terkait kesehatan," kata Susilaningsih dalam kegiatan advokasi petunjuk teknis pemanfaatan dana desa untuk kesehatan, Selasa (23/4/2019) di Ruang Sermo yang diikuti kepala desa dan petugas Puskesmas se-Kulon Progo.

Tigapuluh SMP di Kulon Progo Numpang Ujian di Sekolah Lain

Teknis pemanfaatan dana desa tersebut menurutnya tetap disesuaikan dengan prioritas masalah di masing-masing wilayah desa.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (Permendes) Nomor 16 tahun 2018 yang mengatur prioritas penggunaan dana desa dan sesuai tahapan perencanaan.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Kesehatan Lingkungan, Dinkes DIY, Yulia Irene Henny Wahyunarni, mengungkapkan terdapat lima prioritas masalah kesehatan.

Pengelolaan Dana Desa Besar, Kades Minta Aturan Lebih Lentur dan Sederhana

Antara lain percepatan penurunan angka kematian ibu dan anak, peningkatan cakupan dan kualitas imunisasi, percepatan penurunan stunting, pencegahan pengendalian penyakit tidak menular (PTM) dan percepatan eliminasi TBC.

Sesuai Peraturan (PP) Nomor 60 tahun 2014, lanjutnya, dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diperuntukan bagi desa, ditransfer melalui APBD kabupaten/kota.

Penggunaannya untuk mendanai penyelengaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.(TRIBUNJOGJA.COM)

Let's block ads! (Why?)

http://jogja.tribunnews.com/2019/04/23/dana-desa-untuk-bangun-kesehatan-masyarakat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dana Desa untuk Bangun Kesehatan Masyarakat - Tribun Jogja"

Post a Comment

Powered by Blogger.