Search

Seminggu Dibuka, Penjualan Tiket Kereta Mudik Baru Laku 24% - detikFinance

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka penjualan tiket kereta Lebaran sejak 25 Februari lalu. Hingga saat ini, KAI mencatat penjualan tiket kereta Lebaran telah mencapai 207 ribu.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Senin (4/3/2019) dari penjualan tiket kereta yang tersedia, sebanyak 24% telah terjual. Adapun jadwal keberangkatan yang baru tersedia antara H-10 hingga H-3.

Kemudian, tanggal favorit keberangkatan masyarakat jatuh pada H-6 dan H-4 Lebaran. Tercatat untuk H-6 telah diakses hingga 12.290.900 kali. Sedangkan H-4 diakses hingga 12.269.085 kali.

Selanjutnya, rute yang paling banyak dipilih masyarakat kala mudik di antaranya, keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang.

Sementara itu, bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket kereta untuk Lebaran tak perlu khawatir. KAI memberikan tiga tips agar masyarakat tetap bisa berkumpul di waktu Lebaran.

"Pertama rute dan tanggal alternatif. Jika tiket yang Anda inginkan habis, Anda bisa cari rute alternatif. Misalnya jika rute Jakarta menuju Solo habis, Anda bisa memesan jalur Jakarta-Bandung terlebih dahulu. Lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo yang relatif masih banyak. Bisa juga menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta-Cirebon lalu Cirebon-Solo," kata VP Public Relations KAI Agus Komarudin.


Selain itu, masyarakat juga diimbau tidak memilih waktu antarkereta yang berdekatan. Hal itu untuk menghindari risiko ketertinggalan kereta selanjutnya.

Kemudian, tips selanjutnya calon penumpang diminta aktif mengecek ketersediaan tiket secara berkala. Sebab, KAI menyediakan layanan pembatalan dan perubahan jadwal sehingga tiket yang lama akan muncul kembali.

Terakhir, KAI telah menyiapkan penjualan tiket tambahan dengan menyediakan 50 kereta yang terdiri dari 27 kereta eksekutif dan bisnis, 11 kereta ekonomi, 4 kereta ekonomi PSO, dan 8 kereta rangkaian idle.

Rencananya, penjualan tiket tambahan tersebut akan dibuka pada H-60 Lebaran. Berbeda dengan pembukaan tiket yang telah berlangsung, yakni H-90.

"KAI juga mengimbau kepada masyarakat agar membeli tiket Lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar," tutup dia.

(fdl/fdl)

Let's block ads! (Why?)

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4453263/seminggu-dibuka-penjualan-tiket-kereta-mudik-baru-laku-24

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Seminggu Dibuka, Penjualan Tiket Kereta Mudik Baru Laku 24% - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.