Search

Cara Mudah Hindari Jebakan Rentenir Online

Liputan6.com, Jakarta - Booming kehadiran perusahaan teknologi finansial (tekfin) yang menyediakan pinjaman dengan syarat sangat mudah, ternyata melahirkan masalah baru. Banyak kalangan masyarakat yang terjebak utang berbunga tinggi bahkan sampai dikejar-kejar oleh jasa penagih utang (debt collector) dengan cara yang berlebihan.

Menurut catatan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, dalam 3 tahun terakhir sudah ada 500 aduan terkait pinjaman online yang masuk. Tak ayal, julukan “rentenir online” pun menjadi santer terdengar seiring maraknya kehadiran financial technology  (fintech).

Hal ini tentu memprihatinkan terutama bila mengingat kehadiran fintech yang semula sejatinya ditujukan untuk memudahkan akses masyarakat terhadap layanan jasa keuangan.

Mulai dari akses terhadap pinjaman modal usaha terutama bagi para pelaku usaha mikro dan kecil, hingga akses terhadap layanan jasa keuangan lain, seperti asuransi, investasi, sampai alat pembayaran yang mudah.

Belakangan terungkap, kebanyakan “korban” pinjaman online fintech ternyata meminjam ke perusahaan tekfin illegal alias belum terdaftar izinnya baik di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun Bank Indonesia (BI).

Nah, supaya tidak sampai terjebak masalah dengan rentenir online, ada 5 cara mudah yang bisa kita lakukan. Simak siasatnya menurut HaloMoney.co.id berikut ini:

1. Lihat opsi lain lebih dulu

Meminjam dana apalagi yang mengenakan bunga, sebaiknya tidak kita lakukan secara serampangan. Salah memilih produk pinjaman bisa fatal efeknya terhadap kesehatan keuangan bahkan ketenangan hidup.

Maka itu, apabila Anda tengah berencana meminjam uang ke penyedia pinjaman online, sebaiknya pikirkan lagi opsi pendanaan lain yang memungkinkan.

Misalnya, meminjam kepada kerabat atau teman, pemberi kerja (kantor tempat bekerja), menggadaikan barang atau aset berharga seperti perhiasan atau kendaraan bermotor, atau bila sudah kepepet sekali adalah tarik tunai kartu kredit.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3727014/cara-mudah-hindari-jebakan-rentenir-online

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Mudah Hindari Jebakan Rentenir Online"

Post a Comment

Powered by Blogger.