Search

Aturan Percepatan Penyelesaian Transaksi di BEI Mulai Berlaku Hari Ini

Direktur PT Investa Saran Mandiri Hans Kwee menuturkan, transaksi bursa menjadi efisien dan efektif dengan percepatan penyelesaian transaksi. Apalagi sebagian bursa saham di dunia juga sudah menerapkan T+2. "Ini lebih baik karena (investor-red) dapat dana lebih cepat. Efisiensi pasar juga menjadi lebih bagus," ujar Hans.

Dalam percepatan penyelesaian transaksi bursa ini juga berdampak terhadap efek mulai dari saham, ETF, dana investasi real estate (DIRE), waran, HMETD, obligasi, futures dan option.

Sebelum menerapkan percepatan penyelesaian transaksi BEI ini, BEI juga telah menguji sistem kepada 105 anggota bursa dan 18 bank kustodian selama lima pekan. Uji coba juga dilakukan bersama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan vendor.

Selain itu, BEI juga telah memperbaharui sistem perdagangan Jakarta Automated Trading System Next Generation (JATS NextG). Sistem ini diharapkan dapat perkuat pertahanan pasar modal Indonesia dan mempercepat transaksi.

Penerapan sistem JATS NextG ini didukung spesifikasi tier 3 yang menopang percepatan transaksi dari 4.000 per detik menjadi 12 ribu per detik. Seperti diketahui, sistem otomasi perdagangan di pasar modal Indonesia mulai diterapkan dengan sistem komputer JATS pada 22 Mei 1995.

Pada awal 2009, BEI rilis sistem perdagangan baru bernama JATS NextG yang berkapasitas 1 juta penawaran dan 500 ribu transaksi per hari. Selanjutnya kapasitas sistem perdagangan JHATS NextG ini dikembangkan dan diperbaharui kembali pada 2012.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kiat Investasi Reksa Dana Saham Saat IHSG Bergejolak

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3731624/aturan-percepatan-penyelesaian-transaksi-di-bei-mulai-berlaku-hari-ini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aturan Percepatan Penyelesaian Transaksi di BEI Mulai Berlaku Hari Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.