Search

Soal Dana Kelurahan, Mendes: Masih Banyak Kelurahan yang Miskin

Jakarta - Menteri Desa Eko Putro Sandjojo merespon maraknya penolakan program dana kelurahan yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Eko, pihak yang menentang mungkin belum memahami bagaimana kondisi kelurahan di berbagai daerah lantaran masih menggunakan tolak ukur kondisi kelurahan yang ada di Pulau Jawa saja.

"Jangan bayangin kelurahan-kelurahan di daerah itu kayak di Jawa. Kelurahan di daerah itu banyak yang miskin juga," sebut dia dalam bincang santai Blak-blakan dengan detikFinance, Kamis (25/10/2018) kemarin.

Padahal, tambah dia, keberhasilan program pemerintah bukan semata-mata mencapai target pertumbuhan ekonomi yang tinggi namun yang lebih penting adalah pemerataan.
Dalam kajian pemanfaatan dana desa yang dilakukan pemerintah, ternyata banyak kelurahan yang belum menerima manfaat dari dana desa yang dalam 4 tahun sudah mengalir sebanyak Rp 187 triliun.

Padahal, kelurahan tersebut kondisinya sama miskin dengan desa di sekelilingnya. Namun, lantaran aturan yang berlaku saat ini hanya diperuntukkan bagi desa, maka kelurahan pun belum menikmati dampak dari dana tersebut.


Kondisi itu lah yang mendasari inisiatif dibuatkan juga aturan untuk dana kelurahan.

"Kenapa dana kelurahan itu penting, Karena di dalamnya ada desa. Desanya maju, kelurahan ketinggalan. Nah sekarang ketinggalan dengan desa-desa di sekitarnya, kan kasihan. Jadi wajar kalau (kelurahan) cemburu," tandas dia.

Tonton juga 'Total Dana Desa Rp 187 T Digelontorkan, Apa Saja Hasilnya?':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/fdl)

Let's block ads! (Why?)

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4274439/soal-dana-kelurahan-mendes-masih-banyak-kelurahan-yang-miskin

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Soal Dana Kelurahan, Mendes: Masih Banyak Kelurahan yang Miskin"

Post a Comment

Powered by Blogger.