Search

Ke Argentina, Gubernur DKI Akan Bicara soal Penataan Kampung dan Kemiskinan

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan bertolak ke Buenos Aires, Argentina, untuk menghadiri forum U20 atau Urban 20 Mayors Summit. Di sana, Anies bakal bicara soal penataan kampung.

"Tentang pengembangan urban renewal yang kita lakukan di sini. Bagaimana kita menata perkampungan dengan melibatkan semua stakeholder," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Penataan kampung ini, menurut Anies, adalah upaya integrasi sosial dan inklusi yang akan disampaikan olehnya di forum itu. Ia akan bercerita soal pengalaman-pengalaman Jakarta.

Selain soal penataan kampung, Anies juga akan berbicara soal kemiskinan. Ia meyakini kemiskinan tak hanya terjadi di Jakarta, namun juga kota-kota besar seluruh dunia.

Baca juga: Anies Sebut Penataan Kampung Kumuh Tidak Bisa Disamakan

"Saya juga ingin menyampaikan di sana pentingnya bagi kota-kota di dunia untuk kembali memfokuskan pada pembangunan kualitas manusia. Karena kemiskinan-kemiskinan yang terjadi di kota-kota besar di banyak tempat itu kemiskinan yang ekstrem sekali," kata Anies.

Menurut Anies, pembangunan memang memperhatikan kemiskinan di daerah rural atau pedesaan. Tapi kemiskinan di daerah urban justru malah terlewatkan.

Baca juga: Wali Kota Jakarta Utara: Penataan Kampung Akuarium Masih Dirumuskan

"Dan ini salah satu faktor yang menyebabkan integrasi sosial jauh menjadi lebih sulit. Karena lokasinya padat, penduduknya itu terkumpul tapi secara sosial ekonomi kesenjangannya luas," ujar Anies.

U20 akan dihadiri pimpinan dari 26 kota terbesar di dunia. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 29-31 Oktober 2018. Anies akan berangkat Jumat ini dan kembali ke Jakarta pada 2 November.

Baca juga: Bupati Kepulauan Seribu Siapkan Penataan Kampung Wisata di Pulau Pari


Let's block ads! (Why?)

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/26/16042591/ke-argentina-gubernur-dki-akan-bicara-soal-penataan-kampung-dan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ke Argentina, Gubernur DKI Akan Bicara soal Penataan Kampung dan Kemiskinan"

Post a Comment

Powered by Blogger.