Search

Fakta dan Alasan Sri Mulyani Dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik 2018

DENPASAR – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik 2018 versi majalah Global Markets . Anugerah Finance Minister of The Year, East AsiaPacific ini diberikan atas kiprahnya mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang.

Berikut sejumlah fakta-fakta, Sri Mulyani dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik 2018:

BERITA TERKAIT +

1. Alasan Sri Mulyani Indrawati menjadi Menteri Keuangan Terbaik 2018

Kebijakan Menkeu dianggap kredibel dan efektif. Penghargaan ini diberikan di tengah Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali.

Baca Juga: Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Keuangan Terbaik 2018 Versi Global Market

Global Markets adalah majalah berita terkemuka di bidang pasar ekonomi internasional yang dalam 30 tahun terakhir telah menjadi salah satu acuan bagi para pelaku dan institusi di sektor ekonomi dan keuangan internasional.

2. Sri Mulyani sudah banyak terima penghargaan

Sebelumnya Sri Mulyani juga telah memperoleh beberapa penghargaan seperti gelar Menteri Keuangan Terbaik Asia 2006 yang diberikan Emerging Markets Forum pada Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF 2006 di Singapura, Menteri Keuangan Terbaik 2006 dari majalah Euromoney.

Dia juga pernah ditahbiskan sebagai wanita paling berpengaruh ke- 23 di dunia versi majalah Forbes 2008. Terakhir dia dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia pada World Government Summit di Dubai, Februari 2018.

3. Perjuangan Sri Mulyani menyehatkan ekonomi Indonesia

Seperti ditulis Global Markets, Sri Mulyani mendapat tantangan terbesarnya saat datang kembali untuk menjadi menteri keuangan kali kedua. Perekonomian Indonesia menawarkan potensi besar, tetapi memberikan beban persoalan yang serius bagi Kementerian Keuangan. Pengumpulan pajak telah lama menjadi masalah di negara ini, tetapi pemerintah juga berjuang untuk membelanjakan uangnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Rancang Solusi Keuangan untuk Perempuan Pengusaha

“Bagi kami, reformasi di bidang perpajakan bukanlah kemewahan maupun pilihan. Itu adalah keharusan. Kita bersama dengan komunitas global berkomitmen dengan automatic exchange of information (AEOI) dan berkoordinasi dengan negara-negara untuk menghindari BEPS (Base Erotion and Profit Shifting ). Kita terus berupaya meningkatkan kepatuhan pembayar pajak di Indonesia. Tidak ada negosiasi,” ujar Sri Mulyani saat menerima penghargaan.

Menurut dia, kebijakan fiskal dan anggaran negara, yang merupakan dua alat fundamental Kementerian Keuangan untuk mengarahkan pembangunan ekonomi, harus dapat dipercaya dan menjadi tulang punggung reformasi kebijakan.

Dengan sinergi dan dukungan berbagai pemangku kepentingan, reformasi fiskal dapat dipertahankan dalam tiga aspek penting dari anggaran negara Indonesia, yaitu pendapatan, pengeluaran, dan pembiayaan.

4. Sri Mulyani tetap diminta konsisten dalam menjaga keuangan Indonesia

Semua itu bertujuan untuk membangun anggaran negara yang lebih sehat, penuh kehatihatian, dan lebih produktif. Global Markets mengingatkan Sri Mulyani bahwa tantangan tidak akan berhenti. Tantangan dimaksud adalah bagaimana mendorong investasi infrastruktur, sementara keuangan negara harus dijaga agar tetap stabil. (Inda Susanti)

 (Feb)

(rhs)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/10/14/20/1963897/fakta-dan-alasan-sri-mulyani-dinobatkan-sebagai-menteri-keuangan-terbaik-2018

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fakta dan Alasan Sri Mulyani Dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.