Search

Di Tengah Pertemuan IMF-World Bank, Presiden Lakukan Kesepakatan Bilateral dengan Vietnam

NUSA DUA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyepakati sejumlah perjanjian bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyn Xuan Phuc dalam Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di Bali.

Pertemuan bilateral tersebut membahas sejumlah kerjasama ekonomi yang memperkuat kerja sama Indonesia dengan Vietnam di bidang perdagangan dan investasi.

BERITA TERKAIT +

Baca Juga: Ini Pidato Lengkap Jokowi soal 'Game of Thrones' yang Banjir Standing Ovation

"Saya dan PM Vietnam baru saja lakukan perjanjian bilateral. Persis satu bulan lalu kami bertemu di Hanoi. Ini mencerminkan hubungan bilateral yang didasarkan kemitraan strategis Indonesia dan Vietnam," ujar Jokowi usai melakukan pertemuan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (12/10/2018).

Dia menyebutkan, setidaknya terdapat enam poin kerja sama yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Di antaranya kesepakatan pemerintahan Vietnam untuk memberikan investor Indonesia ruang untuk berkontribusi di sektor-sektor yang dibutuhkan negara tersebut.

Presiden Jokowi: Kondisi Ekonomi Dunia bak Film Game of Thrones 

"Kedua, apresiasi atas kerja sama mengatasi hambatan ekspor otomotif ke Vietnam," katanya.

Kesepakatan lainnya mengenai memberikan ruang pengusaha Indonesia untuk menjajaki peluang pasar baru di Vietnam yakni produk-produk farmasi dan alat kesehatan.

Baca Juga: Film Milenial yang Jadi Inspirasi Pidato Presiden Jokowi, Avengers dan Game of Thrones

"Dua hari setelah di Hanoi, tim teknis perundingan Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE) sudah melakukan pertemuan guna mencari solusi yang saling menguntungkan. Kita sepakat terus mendorong tim perunding," terangnya.

Selain itu, pemerintah juga mendorong kerja sama lebih lanjut untuk mengimplementasikan undang-undang ilegal fishing. "Terakhir, kita sepakat untuk terus berkontribusi dalam pengembangan konsep kerja sama Indopasisifik yang mengedepankan sentral ASEAN," lanjutnya.

Presiden Jokowi: Kondisi Ekonomi Dunia bak Film Game of Thrones 

Dengan adanya kesepakatan tersebut, Perdana Menteri Vietnam Nguyn Xuan Phuc meyakini hubungan bilateral kedua negara akan semakin meningkat dan menguntungkan di masa mendatang.

"Kami membuat terobosan baru dan membawa kerja sama ekonomi menjadi pilar utama kemitraan strategis dan berkeinginan untuk membawa neraca perdagangan lebih berkembang. Saya dan Yang Mulia (Presiden Jokowi) juga bersepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang maritim," kata dia dalam kesempatan yang sama.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/10/12/320/1963225/di-tengah-pertemuan-imf-world-bank-presiden-lakukan-kesepakatan-bilateral-dengan-vietnam

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Di Tengah Pertemuan IMF-World Bank, Presiden Lakukan Kesepakatan Bilateral dengan Vietnam"

Post a Comment

Powered by Blogger.