Search

5 Hal yang Harus Disiapkan agar Tenang di Masa Tua

Dana darurat wajiblah Anda persiapkan sejak sekarang mengingat kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari depan. Anda tentunya tidak mampu memprediksi segala kejadian ataupun kemungkinan buruk yang bisa saja menimpa Anda suatu hari, seperti bencana alam, kecelakaan, hingga penyakit.

Dana darurat bisa Anda andalkan untuk mengantisipasinya dan mencegah situasi yang semakin buruk. Walaupun Anda sudah memiliki asuransi, namun dana darurat juga diperlukan guna ketenangan hidup Anda di hari tua kelak.

Ada beberapa pilihan instrumen keuangan yang bisa Anda jadikan media penempatan dana darurat, seperti logam mulia, tabungan konvensional, deposito, hingga reksa dana pasar uang. Masing-masing instrumen tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, pilihlah dengan bijak dan cermat.

3. Memiliki Usaha Sampingan

Mumpung masih berada di usia yang produktif, ada baiknya Anda segera merintis usaha sampingan milik sendiri. Akan ada saatnya Anda harus berhenti bekerja dan tidak berpenghasilan lagi, sehingga usaha sampingan bisa menjadi sumber penghasilan dan menyelamatkan Anda secara finansial.

Usaha sampingan sebaiknya dirintis sejak Anda masih bekerja. Kelak, penghasilan yang Anda peroleh dari usaha sampingan ini untuk menambah penghasilan saat tua nanti. Mulailah sedini mungkin untuk membuka usaha, tidak harus usaha besar dengan modal yang besar, usaha apa saja tidaklah masalah.

Nah, yang perlu Anda ingat ialah jalankan usaha dengan konsisten dan penuh kesabaran. Selain itu, selalu ingatlah bahwa membuka usaha pastilah tidak lepas dari risiko. Hadapi risiko dengan bijak dan sabar.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3674588/5-hal-yang-harus-disiapkan-agar-tenang-di-masa-tua

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Hal yang Harus Disiapkan agar Tenang di Masa Tua"

Post a Comment

Powered by Blogger.