Search

Terjebak Kredit Macet, Apa yang Bakal Dilakukan Bank?

JAKARTA - Kredit Anda macet? Jangan biarkan hal ini terjadi. Kredit macet atau non performing loan (NPL) adalah istilah kegagalan nasabah dalam membayar pinjaman.

Riwayat gagal bayar tersebut akan tercatat dalam sistem dan membuat nasabah sulit mendapatkan pinjaman di kemudian hari. Kredit macet mempunyai dampak negatif bagi kedua belah pihak, baik itu bank ataupun nasabah.

BERITA TERKAIT +

Bagi nasabah dampaknya adalah dia harus menanggung kewajiban yang cukup berat kepada bank. Sedangkan bank dampaknya jauh lebih serius karena selain dana yang disalurkan untuk kredit berasal dari masyarakat, kredit macet juga mengakibatkan bank kekurangan dana sehingga mempengaruhi kegiatan usaha bank.

Tingkatan Kelancaran Kredit

Pada dasarnya kredit mempunyai tingkatan kelancaran. Semua tergangung bagaimana nasabah mengelola kredit yang dimiliki. Biasanya semakin banyak tunggakan, kredit akan semakin bermasalah.

 

Seperti dikutip cekaja.com, ada empat tingkatan kelancaran kredit, yakni:

Kredit lancar

Suatu kredit dinyatakan lancar apabila nasabah tidak pernah menunggak sedikitpun tagihan yang ada. Baik dari cicilan angsuran pokok maupun bunga pinjaman. Kredit juga tetap dikategorikan lancar jika terdapat tunggakan namun belum melampaui masa angsuran berikutnya.

Kredit tidak lancar

Lalu ada kredit tidak lancar. Tingkatan kredit ini ditandai dengan terdapat tunggakan angsuran pokok yang sudah melebihi satu masa angsuran, namun belum melebihi dua masa angsuran. Dikatakan kurang lancar pula jika pembayaran bunga sudah menunggak hingga 2 bulan namun belum melebihi 3 bulan.

Kredit diragukan

Selain itu, ada pula kredit diragukan yang memiliki ciri-ciri berupa tunggakan angsuran pokok dan atau bunga yang telah melampui 180 hari, cerukan yang bersifat permanen, wanprestasi lebih dari 180 hari, atau dokumentasi hukum yang lemah baik untuk perjanjian kredit maupun pengikatan jaminan.

Kredit macet

Kegagalan nasabah dalam membayar pinjaman berkali-kali akan berakhir menjadi kredit macet. Riwayat gagal bayar tersebut akan tercatat dalam sistem dan membuat nasabah sulit mendapatkan pinjaman di kemudian hari. Dalam Bahasa Inggris, tingkatan kredit ini juga sering diistilahkan dengan non performing loan (NPL).

 

Hati-Hati, Ini Penyebab Kredit Macet!

Ada beberapa penyebab yang melatarbelakangi masalah kredit macet. Di antaranya secara internal ataupun eksternal. Bila sebelumnya Anda tak menyadari kedua penyebab tersebut, coba cek penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Faktor internal

Dari segi internal, kredit macet timbul disebebkan oleh penyimpangan dalam pelaksanaan prosedur perkreditan, itikad kurang baik dari pemilik, pengurus, atau pegawai bank, lemahnya sistem administrasi dan pengawasan kredit serta lemahya sistem informasi kredit macet.

Faktor eksternal

Secara eksternal, kredit macet juga bisa dikarenakan gagalnya usaha debitur, musibah terhadap debitur atau terhadap kegiatan usaha debitur, serta menurunnya kegiatan ekonomi dan tingginya suku bunga kredit.

Jika Anda mengalami salah satu penyebab ini, jangan sampai lengah. Segera cari jalan keluarnya dari sekarang agar cepat terselesaikan.

 

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/29/320/1957334/terjebak-kredit-macet-apa-yang-bakal-dilakukan-bank

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terjebak Kredit Macet, Apa yang Bakal Dilakukan Bank?"

Post a Comment

Powered by Blogger.