Search

Tantangan Terus Berdatangan, Sri Mulyani: Jaga Ekonomi Tak Boleh Lengah

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan menjaga suatu perekonomian adalah pekerjaan tak pernah berhenti, tak boleh lengah dan harus dilakukan terus menerus, karena situasi dan tantangan ekonomi terus berubah dan sering perubahan terjadi sangat cepat.

“Perkembangan ekonomi terkini menunjukkan hal tersebut, dimulai dengan langkah normalisasi kebijakan moneter di Amerika Serikat yaitu suku bunga di Amerika Serikat dinaikkan, dan likuiditas dollar Amerika dikurangi atau diperketat,” ujarnya seperti dilansir oleh Okezone dari Facebook resminya, Sabtu (15/9/2018).

BERITA TERKAIT +

Sri juga mengatakan bahwa selain itu kebijakan fiskal Amerika juga ekspansif dengan penurunan pajak dan belanja yang meningkat. Ditambah kebijakan perang dagang oleh Presiden Trump kepada Eropa dan China dengan kenaikan tarif barang impor ke Amerika Serikat.

“Dampak dari kebijakan di Amerika Serikat dirasakan seluruh dunia dalam bentuk suku bunga dollar meningkat, arus modal ke seluruh dunia terutama ke negara berkembang dan emerging menurun, dan ketidakpastian perdagangan internasional.” Lanjutnya.

Sri Mulyani menjelaskan ada empat aspek perekonomian yang harus dikelola dalam menjaga stabilitas dan kelanjutan kemajuan perekonomian menghadapi guncangan dunia tersebut. Pertama, aspek sektor riel yang ditunjukkan dengan Indikator pertumbuhan ekonomi atau Produk Domestik Bruto (PDB).

Kedua, aspek Fiskal, yaitu APBN meliputi penerimaan, belanja negara dan pembiayaan.

Ketiga, aspek Moneter serta sektor keuangan. Dan keempat, aspek Neraca Pembayaran yaitu keseimbangan eksternal antara perekonomian Indonesia dengan dunia.

(rhs)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/15/20/1950890/tantangan-terus-berdatangan-sri-mulyani-jaga-ekonomi-tak-boleh-lengah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tantangan Terus Berdatangan, Sri Mulyani: Jaga Ekonomi Tak Boleh Lengah"

Post a Comment

Powered by Blogger.