Search

Selamatkan Rupiah, Pemerintah Ekspor 9 Ribu Ton Manggis ke Tiongkok

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada pembukaan perdagangan awal pekan ini, Senin (10/9/2018), 1 dollar AS dihargai Rp 14.830.

Angka tersebut melemah 0,1 persen dibandingkan penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Namun, level ini masih lebih baik dibanding pembukaan pasar spot pada Jumat pekan lalu, saat 1 dollar AS dihargai Rp 14.865.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut semakin menguatnya Rupiah yang menjauh dari level Rp 15.000 per Dolar AS, tak lepas dari peran pemerintah, dan pengusaha yang telah menukar valuta asing yang mereka miliki.

Ia mengapresiasi beberapa langkah konkret pemerintah untuk menurunkan defisit transaksi berjalan (CAD), di antaranya Perpres No. 66 Tahun 2018 yang mengatur pemberian insentif pada minyak kelapa sawit (biodiesel) yang dicampur seluruh jenis solar. Juga Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang resmi merevisi naik tarif Pajak Penghasilan (PPh) 22 untuk 1.147 barang impor.

"B20 kan sudah implementasi terus kemarin Bu Menkeu (Sri Mulyani) sudah mengumumkan mengenai PPh impor," ujar Perry.

Sektor Pertanian Potensial Bantu Penguatan Rupiah

Jurus ampuh lain untuk menguatkan kembali nilai tukar rupiah adalah meningkatkan ekspor. Pertanian salah satu sektor yang potensial.

Menilik data Badan Pusat Statistik (BPS), selama kuartal II-2018 kenaikan ekspor pertanian menjadi paling tinggi dibanding sektor lain.

Kontribusi sektor pertanian dalam menyumbang pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) juga paling tinggi, mencapai 9,93 persen.

Kamis (6/9/2018) pekan lalu Menteri Pertanian Amran Sulaiman melepas ekspor 9 ribu ton manggis ke China di Bandara Ngurah Rai, Bali. Manggis ekspor ini merupakan hasil panen kelompok tani di Desa Padanan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, Bali.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/09/11/selamatkan-rupiah-pemerintah-ekspor-9-ribu-ton-manggis-ke-tiongkok

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selamatkan Rupiah, Pemerintah Ekspor 9 Ribu Ton Manggis ke Tiongkok"

Post a Comment

Powered by Blogger.