Search

Inspirasi Bisnis, Raup Jutaan Rupiah dari si Hidung Merah

JAKARTA – Salah satu inspirasi bisnis yang dapat dilakukan adalah mengembangbiakkan Red Nose atau biasa dikenal ikan si hidung merah. Red Nose ikan kecil ini ternyata membawa hoki besar, sisiknya yang cemerlang banyak disukai orang asing. Tapi sayang sekali peluang ini belum dilirik orang. Bagi kalangan penggemar ikan hias di luar negeri, Red Nose termasuk jenis ikan favorit.

Karenanya permintaan pasar terhadap si hidung merah ini sangat tinggi. Ukuran badan kecil, sisik indah, dan cara perawatan yang gampang membuat orang bule menyukai ikan ini. Di luar negeri Red Nose banyak dipelihara di ruang perkantoran.

BERITA TERKAIT +

Sementara itu pasokan Red Nose sering kurang. Sebab masih banyak orang beranggapan bahwa membudiyakan Red Nose atau bahasa latin Petitella Georgiae itu susah. Anggapan itu jelas tidak benar. Buktinya Edi Abdulhakim peternak dari Ciseeng, Parung, Bogor, Jawa Barat berhasil mengembangbiakkan ikan keluarga tetra ini.

 ikan

(Sumber: Amazon.com)

Siklus perkembangbiakan Red Nose termasuk cepat. Seekor induk Red Nose mampu bertelur 300 butir setiap hari sekali. Supaya siklus reproduksi lebih cepat, pemijahan harus di lakukan bersama-sama.

Edi menggunakan akuarium berukuran 50cm x 30cm x 30cm sebagai tempat pemijahan (berkembang biak). Setiap akuarium diisi 7 ekor betina dan 10 ekor pejantan. Tapi Anda bisa juga memakai seks-rasio 5 (betina) : 7 (pejantan). Dengan perbandingan seperti itu diharapkan setiap akuarium pemijahan mampu berproduksi setiap hari. Sebuah akuarium mampu mencetak Red Nose 4.500 ekor setiap bulan.

“Bayangkan jika ikan tersebut dijual Rp300.000 per ekor, kita bisa mengantongi uang Rp 1,3 juta,” jelas Ketua Kelompok Tani Ikan Telaga Biru tersebut.

ikan

(Sumber: the fishguide)

Agar induk Red Nose tidak kecapaian karena kawin melulu, Edi memberi mereka ‘cuti kawin’ selama 2 hari setiap minggunya. Umumnya musim paceklik (kekurangan bahan makanan) terjadi pada bulan Mei hingga Agustus. Permintaan pasar luar negeri akan merosot. Sebab, pada bulan-bulan itu banyak orang luar negeri yang pergi berlibur. Akibatnya daya tarik ikan pun ikut luntur.

Hal itu bisa diatasi dengan mengalihkan sasaran ke pasar lokal. Tingkat permintaan pasar lokal terhadap Red Nose cukup tinggi. Buktinya, ikan bermoncong merah ini bisa dijumpai di toko-toko akuarium atau pasar ikan. Itu artinya Red Nose juga banyak digemari oleh masyarakat di negeri ini.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/22/320/1954211/inspirasi-bisnis-raup-jutaan-rupiah-dari-si-hidung-merah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Inspirasi Bisnis, Raup Jutaan Rupiah dari si Hidung Merah"

Post a Comment

Powered by Blogger.