Search

Cara Kumpulkan Uang Muka KPR Rumah Seharga Rp350 Juta

JAKARTA - Kabar gembira bagi Anda yang sedang berencana membeli hunian dengan cara kredit. Pasalnya, jika sebelumnya Bank Indonesia (BI) mewajibkan pembayaran uang muka sebesar 30% maka sekarang mekanisme pembayaran diserahkan kepada masing-masing bank.

Nah, kami memberikan gambaran bagaimana cara mengumpulkan uang muka untuk membeli rumah seharga Rp350 juta. Simak caranya!

BERITA TERKAIT +

Itu artinya, Anda tak perlu lagi khawatir harus merogoh kocek besar hanya untuk menyiapkan uang muka. Karena kali ini Anda bisa membeli rumah dengan uang muka yang relatif lebih kecil dari sebelumnya.

Lalu bagaimana bagi yang belum memiliki cukup uang untuk membayar uang muka KPR? Simak inilah kita-kiat menabung uang muka KPR yang akan memudahkan Anda bisa mencicil rumah impian. Demikian seperti dikutip cekaja.com

 

Cari lokasi rumah strategis

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membeli rumah KPR adalah menentukan lokasi rumah yang menurut Anda nyaman dan strategis. Tentunya hampir semua orang ingin memiliki rumah di Jakarta bukan? Namun, saat ini harga lahan di Jakarta sudah tidak memungkinan untuk membeli hunian.

Alternatifnya, Anda bisa beli di kawasan Bogor, Depok, Tangerang atau Bekasi atau Bodetabek. Tak sedikit di sejumlah kawasan di Bodetabek masih terdapat harga rumah yang sesuai dengan kantong. Paling tidak rumah seharga di bawah Rp500 juta masih bisa didapat. Asalkan Anda pintar-pintar mencarinya.

Asumsikan saja misalnya, Anda seorang pegawai swasta atau PNS dengan gaji Rp6 juta sebulan, berencana tahun depan untuk membeli rumah dengan bujet Rp350 juta. Uang muka yang Anda sanggupi sebesar 10% atau Rp35 juta.

 

Nah, bagaimana dalam setahun Anda bisa mengumpulkan uang sebesar Rp35 juta?

Buka rekening khusus

Ada beberapa kiat mengumpulkan uang muka cicilan KPR yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah secara berkala atau setiap bulan Anda sisihkan uang di rekening khusus.

Jika penghasilan Anda setiap bulan Rp6 juta, maka Anda harus menyisihkan untuk uang muka KPR sekitar Rp2,91 juta per bulan. Nah, uang tersebut langsung masukan ke rekening tadi.

Anda juga harus berkomitmen untuk tidak mengganggu uang tersebut. Caranya, Anda bisa simpan buku tabungan dan ATM di tempat tertentu atau tidak membawanya dalam dompet. Ini untuk mencegah Anda menggunakan uang tersebut sewaktu-waktu.

Jika Anda konsisten menabung Rp2,91 juta per bulan di rekening khusus tadi, maka uang sekitar Rp35 juta untuk uang muka KPR bisa diperoleh. Namun, ada potongan biaya administrasi bulanan jika Anda menyimpan uang di rekening.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/29/470/1957332/cara-kumpulkan-uang-muka-kpr-rumah-seharga-rp350-juta

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Kumpulkan Uang Muka KPR Rumah Seharga Rp350 Juta"

Post a Comment

Powered by Blogger.