Search

Sri Mulyani: Ekspor Harus Terus Dipacu

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menghadiri gathering eksportir di Kantor Bea Cukai, Jakarta Timur. 500 eksportir hadir untuk diberikan penjelasan terkait fasilitas fiskal yang ditawarkan oleh negara.

"Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), undang 500 eksportir ini, suatu tindak lanjut dari pertemuan presiden. Kami dari Kemenkeu secara aktif terus mendukung kebijakan di dalam menunjang ekspor dan investasi. Kita di dalam menciptakan suasana pelayanan dan mendengar apa yang bisa dilakukan negara untuk mendukung ekspor," ujar Sri Mulyani di lokasi, Selasa (7/8/2018).

BERITA TERKAIT +

Dia menjelaskan, perekonomian Indonesia yang tumbuh 5,27% itu, menunjukkan sisi kekuatan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik. "Namun, kita lihat strukturnya perlu diperkuat. Ekspor harus terus dipacu. Dari sisi investasi kita perlu tingkatkan termasuk untuk produk yang bisa mensubstitusi impor kita," tuturnya.

 

Dia menjelaskan, saat ini, fokus Presiden dan Wakil Presiden, Menko Perekonomian dan tim ekonomi, terus mengembangkan policy dan kebijakan-kebijakan dalam rangka terus jaga momentum pertumbuhan ekonomi.

"Dan meningkatkan ekspor kita, memperbaiki lingkungan investasi sehingga pertumbuhan ekonomi bisa meningkat," ungkapnya.

Berbagai kemudahan, lanjut dia, yang dilakukan oleh Kemenkeu tentu berhubungan dengan pajak, Bea Cukai, belanja negara, dan insentif yang diberikan. Di mana DJBC berikan berbagai kemudahan atau fasilitas dalam rangka menunjang ekspor melalui kawasan berikat.

"Kemudahan impor tujuan ekspor, adalah untuk perusahaan termasuk pusat logistik berikat yang diharapkan bisa menjadi suatu fasilitas untuk memperbaiki logistik, supply chain, dan kecepatan dalam pelaksanaan dan kepastian dari sisi tarif serta kemudahan lainnya," tukasnya.

 

Kemudian, tutur dia, pemerintah juga memiliki lembaga pembiayaan ekspor Indonesia yang juga memberikan berbagai dukungan ekspor dalam bentuk pembiayaan ekspor, jasa konsultasi, solusi terhadap kendala eksport, termasuk insurance dan jaminan.

"Kita juga minta LPEI tidak hanya fokus pada perusahaan besar yang mapan dan miliki jalur ekspor dan akses modal, tapi saya juga minta LPEI untuk terus meningkatkan ekspor dari pengusaha kecil menengah dan ini bisa dikombinasikan dengan berbagai program pemerintah lain seperti KUR," pungkasnya.

(dni)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/08/07/320/1933101/sri-mulyani-ekspor-harus-terus-dipacu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sri Mulyani: Ekspor Harus Terus Dipacu"

Post a Comment

Powered by Blogger.