Search

Dana Desa Tahap Pertama Sudah Mulai Disalurkan Kemenkeu - Suara Merdeka CyberNews


Dana Desa Tahap Pertama Sudah Mulai Disalurkan Kemenkeu

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Keuangan sudah mulai menyalurkan Dana Desa tahap I pada 28 Januari lalu, sesuai instruksi Presiden. Percepatan ini tetap mengikuti persyaratan proses penyaluran Dana Desa, di mana saat ini diberikan kepada desa-desa yang layak salur di Kabupaten Madiun, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Balangan, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Bantaeng.

"Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2020 sendiri adalah sebesar Rp 72 triliun untuk 74.953 desa di seluruh Indonesia dan akan disalurkan 169 KPPN. Dengan nilai tersebut, rata-rata desa akan memperoleh Dana Desa sebesar Rp 960,6 juta atau meningkat dari rata-rata tahun 2019 sebesar Rp 933,9 juta," kata Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan.

Pada tahun 2020, Pemerintah memberikan apresiasi kepada Pemda yang mempunyai predikat kinerja baik dalam penyaluran Dana Desa tahun 2019 melalui pemberian reward berupa penyaluran Dana Desa dalam dua tahap dengan porsi 60% untuk tahap I dan 40% untuk tahap II.

Kementerian Keuangan bersama-sama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDTT, akan terus melakukan langkah-langkah koordinasi, dan mendorong bupati/wali kota agar segera menetapkan peraturan bupati/walikota mengenai rincian Dana Desa per desa, menyiapkan Surat Kuasa, serta mendorong desa untuk menyelesaikan Peraturan Desa mengenai APBDesa.

"Langkah-langkah tersebut dilakukan agar desa dapat segera menerima Dana Desa, sehingga pelaksanaan program pembangunan dan kegiatan yang direncanakan dalam APBDesa dapat berjalan dengan baik dan pada akhirnya Dana Desa akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa," tandas Nufransa.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)

Berita Terkait

Let's block ads! (Why?)

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/216696/dana-desa-tahap-pertama-sudah-mulai-disalurkan-kemenkeu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dana Desa Tahap Pertama Sudah Mulai Disalurkan Kemenkeu - Suara Merdeka CyberNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.