Search

Terpapar berbagai sentimen, rupiah melemah dalam sepekan

Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran virus corona yang semakin mengkhawatirkan dan banjir data ekonomi baik domestik maupun global mempengaruhi pergerakan rupiah pekan ini. Jumat (31/1) rupiah di pasar spot ditutup pada level Rp 13.655 per dolar AS, menguat 0,01% dibanding sehari sebelumnya yang ada di Rp 13.657 per dolar AS. Namun, selama sepekan, rupiah di pasar spot melemah 0,53% terhadap dolar AS.

Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri mengatakan, pada pekan ini rupiah cenderung bergerak sideways. Dari dalam negeri menurut Reny pergerakan rupiah sepekan ke belakang salah satunya dipengaruhi oleh data ekonomi yang dirilis menjelang akhir bulan. 

Baca Juga: Nilai tukar rupiah menguat tipis ke Rp 13.645 per dolar, Jumat (31/1) pagi

“Misalnya BI rate yang masih dipertahankan di level 5%. Kemudian dari sisi eksternal rilis hasil FOMC Meeting Januari, The Fed belum mengubah arah suku bunganya. Kekhawatiran pasar terhadap virus corona ini juga membuat investor cenderung memegang safe haven currency. Jadi masih cukup positif untuk US dolar, yen,” kata Reny.

Analis Monex Investindo Future Indeks Ahmad Yudiawan menambahkan pergerakan rupiah sepekan ini tidak terlepas dari perkembangan kesepakatan dagang AS-China yang masih memberikan angin segar bagi rupiah karena membaiknya hubungan dua negara tersebut dapat mengembalikan minat pelaku pasar terhadap aset berisiko seperti rupiah.

Virus corona juga turut pengaruhi pasar pekan ini. Dari dalam negeri , langkah BI yang masih menetapkan suku bunga acuan 5% memberikan daya tarik bagi pelaku pasar untuk berinvestasi di Indonesia.

Untuk pekan depan, Yudi bilang rupiah masih akan dipengaruhi sentimen yang sama dengan sentimen pekan ini. “Belum ada perkembangan lebih lanjut,” kata Yudi.

Sementara Reny nilai, pekan depan dari domestik masih akan dipengaruhi data inflasi Januari dan data pertumbuhan ekonomi domestik sepanjang 2019. 

Reny bilang investor harus memperhatikan data pertumbuhan ekonomi. Bank Mandiri memprediksi angka pertumbuhan ekonomi domestik akan berada di angka 5,06%.

Baca Juga: Rupiah melemah terpapar virus corona, begini prediksinya untuk besok

Yudi proyeksikan rupiah pekan depan akan bergerak di kisaran Rp 13.500 per dolar AS – Rp 13.750 per dolar AS. 
Adapun Reny memperkirakan depan rupiah akan berada di kisaran Rp 13.630 per dolar AS– Rp 13.720 per dolar AS dengan kecenderungan melemah tipis.




Let's block ads! (Why?)

http://investasi.kontan.co.id/news/terpapar-berbagai-sentimen-rupiah-melemah-dalam-sepekan

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Terpapar berbagai sentimen, rupiah melemah dalam sepekan"

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete

Powered by Blogger.