Search

Mbah Joyo dan Mahasiswa Papua Beri Sembako Pada Anak Yatim - Suara Merdeka CyberNews


Mbah Joyo dan Mahasiswa Papua Beri Sembako Pada Anak Yatim

Funbyak alias Benny salah seorang mahasiswa asal Papua usai dengan didampingi Mbah Joyo menyerahkan bantuan sembako dan uang jajan kepada anak-anak yatim di Pendopo Kecamatan Kasihan, Bantul, kemarin. (suaramerdeka.com/Sugiarto)
Funbyak alias Benny salah seorang mahasiswa asal Papua usai dengan didampingi Mbah Joyo menyerahkan bantuan sembako dan uang jajan kepada anak-anak yatim di Pendopo Kecamatan Kasihan, Bantul, kemarin. (suaramerdeka.com/Sugiarto)

BANTUL, suaramerdeka.com - Mbah Joyo bersama mahasiswa asal Papua yang sedang menyelesaikan studinya di Yogyakarta, bagi-bagi sembako dan memberi uang jajan kepada anak-anak yatim di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, kemarin.

Aksi yang santun dan bijak ini, mendapat sambutan antusias dari warga dan perangkat desa. Apa yang dilakukan pelajar dan mahasiswa Papua ini, setidaknya dapat meredam suasana panas yang terjadi di Papua. Karena pada dasarnya semua warga Indonesia itu saudara.

''Semua pelajar dan mahasiswa Papua yang datang ke Yogyakarta, hanya untuk belajar,'' kata Funbyak, salah seorang mahasiswa asal Papua usai menyerahkan bantuan sembako dan uang jajan kepada anak-anak yatim di Pendopo Kecamatan Kasihan, Bantul, kemarin.

Lebih lanjut Funbyak, salah satu mahasiswa Papua yang menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta mengatakan, bahwa kedatangan dirinya bersama teman-teman atau saudaranya di Kota Pelajar ini hanya untuk belajar dan menuntut ilmu.

''Jadi kami datang ke Yogyakarta, hanya untuk belajar atau menuntut ilmu,'' katanya lagi.

Bahkan, selama menuntut ilmu di Kota Budaya ini mereka bersama-temannya juga ikut berbagai kegiatan sosial untuk bersosialisasi dengan warga Yogyakarta.

Menurut dia, selama menuntut ilmu di Yogyakarta tidak ada perlakuan yang tidak nyaman dari warga Yogyakarta. Karena selama ini dirinya juga bersosialisasi dengan warga di sekitar mereka tinggal dan masyarakat Yogyakarta.

"Kita bersosialisasi dengan teman-teman di kampus, dengan warga kampung tempat kita kost, bahkan mengikuti berbagai kegiatan sosial yang bisa mendekatkan diri dengan warga Yogyakarta,'' katanya.

''Dan selama ini tidak ada masalah, semua baik-baik saja,'' tambah dia.

Funbyak yang akrab dipanggil Benny ini mengaku, berterimakasih kepada berbagai ormas khususnya Forum Komunikasi Ormas dan Relawan (FKOR) Yogyakarta, yang selalu mengajak para mahasiswa asal Papua melakukan berbagai kegiatan sosial dan bertemu, bersosialisasi dengan masyarakat sehingga keakraban dan jaringan silaturahmi berjalan baik.

Sementara Sutra Jaya Dewan Pembina FKOR Yogyakarta mengatakan, setiap kegiatan sosial selalu mengajak pelajar dan mahasiswa Papua. Kegiatan sosial itu, meliputi pemberian sembako dan santunan kepada anak-anak yatim.

Selain itu, para pelajar dan mahasiswa asal Papua ini juga sering diajak memberi bantuan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti pemberian bantuan air bersih di Gunungkidul dan sekitarnya.

"Saya sudah kenal dengan kakak-kakak mereka sebelumnya, sehingga ketika adiknya juga sekolah maupun kuliah di Yogyakarta hubungan kekeluargaan itu selalu terbina dengan baik,'' ujar Mbah Joyo, panggilan akrab Sutra Jaya.

Mbah Joyo akan terus merangkul mahasiswa dari Papua untuk terlibat bersosialisasi dengan masyarakat di Yogyakarta, agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Bahkan kalau ada sesuatu permasalahan yang melibatkan warga Papua, penyelesaiannya bisa cepat dan kekeluargaan. Sebab, kata dia, sebenarnya semua warga Indonesia adalah saudara.

''Kuncinya ada di sosialisasi, kalau tak kenal bagaimana kita bisa sayang. Jadi itu yang saya inginkan baik untuk mahasiswa Papua di Yogyakarta dan warga Yogyakarta pada umumnya. Karena kita adalah bersaudara," terangnya.


(Sugiarto/CN40/SM Network)

Berita Terkait

Loading...

Let's block ads! (Why?)

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/197216/mbah-joyo-dan-mahasiswa-papua-beri-sembako-pada-anak-yatim

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mbah Joyo dan Mahasiswa Papua Beri Sembako Pada Anak Yatim - Suara Merdeka CyberNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.