Search

Layani Penukaran Uang Lebaran, BI Gorontalo Siapkan Rp 750 Miliar

Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan membuka titik penukaran uang pada rute mudik. Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi, mengatakan salah satu lokasi berada di kawasan jalan tol Trans Jawa.

"Kami juga berada di jalur mudik bekerja sama dengan bank, termasuk beberapa titik rest area di jalan tol Trans Jawa. Karena kami sudah melakukan di 2018," katanya saat konferensi pers di Gedung BI, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019).

Selain itu, titik penukaran uang di jalur mudik juga diadakan di beberapa lokasi seperti pelabuhan, terminal, pasar dan alun-alun murah.

"Karena banyak sekali masyarakat yang akan mudik. Ada juga di Pelabuhan Merak, Terminal Giwangan dan Jombang, titik keramaian pasar murah, pasar pagi Tegal, pasar Mayangan, Alun-alun Jember, ini banyak sekali," ujarnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia memperkirakan kebutuhan uang kartal pada periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini sebesar Rp 217,1 triliun.

Rosmaya menyebutkan, angka tersebut tumbuh 13,5 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu (yoy).

"Kenaikan ini dalam rangka mengantisipasi kebutuhan pada libur panjang serta kenaikan gaji dan pembayaran THR ASN maupun pegawai swasta," kata dia di kantornya, Jumat (10/5).

Dia menyebutkan kenaikan kebutuhan uang (outflow) pada periode tahun ini diprakirakan terjadi di seluruh satuan kerja (satker) kas dengan outflow tertinggi di daerah Jabodetabek sebesar Rp 51,5 triliun.

Selain itu, dia juga menghimbau masyarakat untuk melakukan penukaran uang hanya di tempat resmi. Hal tersebut untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang.

"Masyarakat dihimbau agar selalu memperhatikan ciri keaslian rupiah dengan Dilihat, Diraba dan Diterawang serta Cara Merawat Rupiah dengan 5 Jangan (Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi)," tutupnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3964725/layani-penukaran-uang-lebaran-bi-gorontalo-siapkan-rp-750-miliar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Layani Penukaran Uang Lebaran, BI Gorontalo Siapkan Rp 750 Miliar"

Post a Comment

Powered by Blogger.