Search

Pengemudi Ojek Online Minta Pemerintah dan Aplikator Segera Bangun Shelter

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (GARDA) selaku perwakilan pengemudi ojek online, Igun Wicaksono, meminta agar penyediaan shelter untuk pihak pengemudi bisa disegerakan.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan pasca pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menentukan batas tarif ojek online yang terbagi ke dalam 3 zonasi pada Senin, 25 Maret 2019 kemarin.

"Kalau bisa setelah tarif ini penyediaan shelter untuk pengemudi ojek online juga bisa segera dibuat. Itu kan sesuai dengan yang tercantum di PM (Peraturan Menteri) Nomor 12," jelas dia kepada Liputan6.com, Selasa (26/3/2019).

Adapun regulasi yang Igun maksud yakni Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor untuk Kepentingan Masyarakat. Pada pasal 8 aturan tersebut, ada larangan bagi pihak pengemudi untuk mangkal sembarangan di sisi jalan.

Kebijakan itu lantas mengharuskan driver ojek online agar dapat berhenti untuk menaik-turunkan penumpang di tempat yang aman serta tidak mengganggu arus lalu lintas sekitarnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, pemerintah juga akan membantu pihak aplikator dalam penyediaan shelter ini.

"Kemarin pihak aplikator juga mempertanyakan pasal 8 (PM 12/2019), aplikator harus membuat shelter. Tapi kenyataan bahwa sebetulnya shelter ini bentuk pelayanan kita kepada pengemudi," ungkapnya.

"Sehingga nanti tidak hanya aplikator saja, tapi juga termasuk pemerintah (membangun shelter) di simpul-simpul para pengemudi kumpulan. Misalnya mungkin di mal, stasiun atau terminal," dia menambahkan.

Dia menyatakan, pemerintah bakal membuat shelter pengemudi yang berada di jalan negara. Sedangkan yang berada di mal menjadi tanggung jawab aplikator atau pengelola pusat perbelanjaan tersebut.

"Karena ini bisnis. Saya dalam waktu dekat sekitar minggu depan, akan meresmikan shelter di Grand Indonesia. Di sana ada shelter sepeda motor dan taksi daring," tutup dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3926565/pengemudi-ojek-online-minta-pemerintah-dan-aplikator-segera-bangun-shelter

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengemudi Ojek Online Minta Pemerintah dan Aplikator Segera Bangun Shelter"

Post a Comment

Powered by Blogger.