Search

Butuh Modal? Ada UMi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan langsung Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) untuk warga Provinsi Gorontalo. Penyaluran dilakukan di Pasar Sentral Kota Gorontalo, Jumat 1 Maret 2019.

Dalam kesempatan ini, Jokowi berpesan kepada debitur UMi agar memanfaatkan dana pinjaman dengan baik. Misalnya digunakan untuk meningkatkan jumlah produksi barang atau omzet usaha. Jokowi mengingatkan, dana pinjaman UMi jangan digunakan untuk hal-hal yang kurang produktif.

"Hati-hati loh, ini uang pinjaman ya. Yang namanya uang pinjaman itu harus ngangsur, harus cicil setiap bulan, dispilin. Kalau disiplin naik lagi kelasnya, naik," pesan Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menekankan, debitur UMi harus membuat perencanaan usaha terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman. Setelah mendapatkan bantuan, anggaran betul-betul disalurkan seutuhnya untuk mengekspansi usaha.

"Harapan kita itu bisa naik kelas, kalau sudah masuk ke tengah, bisa masuk lagi jadi gede, besar. Pasti, dari sekian yang hadir ini masuk usaha kecil, menengah, besar. Ada 1, 2, 3, 4 naik kelas semuanya. Semua dari kecil dulu, nggk ada ujug-ujug besar. Semua lewat kerja keras, disiplin, saya rasa kita bisa naik ke kelas lebih atas," kata dia.

Di lokasi yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan program UMi adalah pelengkap dari program kredit usaha rakyat. Anggaran UMi diberikan kepada seluruh usaha ultra mikro, dengan jumlah pinjaman di bawah Rp 10 juta.

"Tingkat bunga sama dengan kredit usaha rakyat sehingga dia cukup sangat meringankan dibandingkan dengan mungkin sumber pembiayaan selama ini," ujar Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menerangkan anggaran UMi berasal dari APBN sebesar Rp 7 triliun. Program ini mulai dikelola oleh pusat investasi pemerintah di bawah Kemenkeu sejak 2017.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Blusukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Tanah Papua meninggalkan kesan yang mendalam bagi warga Papua. Mulai dari bertemu dengan anak-anak Papua hingga blusukan dengan motor listrik bersama Ibu Negara Iriana.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3912756/butuh-modal-ada-umi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Butuh Modal? Ada UMi"

Post a Comment

Powered by Blogger.