Search

Kaleidoskop Bisnis: Seleksi CPNS hingga Daftar Orang Terkaya RI Curi Perhatian

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2018 segera berganti. Sepanjang tahun ini beragam peristiwa dan kebijakan terutama berkaitan ekonomi, keuangan dan lainnya mengiringi perjalanan sepanjang 2018.

Kali ini kanal bisnis Liputan6.com merangkum peristiwa, kebijakan, pembangunan infrastruktur, dan topik lainnya yang menyedot perhatian. Pada awal tahun 2018, rencana pemerintah mengubah skema dana pensiun pegawai negeri sipil (PNS) menarik perhatian masyarakat. Pemerintah menuturkan, perubahan skema dana pensiun tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan pensiunan PNS.

Tak hanya itu, pemerintah juga akhirnya resmi membuka seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2018. Kuota penerimaan seleksi CPNS 2018 mencapai 238.015 kursi. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan kuota penerimaan tersebut termasuk terbesar selama ini.  Pemerintah pun membuat situs sccn dalam penerimaan seleksi CPNS 2018.

Setiap penerimaan CPNS, seperti yang diketahui selalu diserbu dan diminati banyak pelamar. Alhasil, pelamar CPNS 2018 pun masuk yang terbesar. Pusat data SCCN BKN mencatat akun pelamar CPNS 2018 mencapai 4.436.694 pelamar. Sementara pelamar CPNS 2018 pada 2017 hanya 2,4 juta.

Selain artikel berkaitan dengan PNS dan penerimaan CPNS 2018, produsen majalah Time gulung tikar juga jadi sorotan.

Pada 2018 ini, ada juga tokoh yang sangat menarik perhatian. Hal ini lantaran keinginannya untuk melunasi utang Indonesia. Tokoh tersebut yaitu Sam Aliano. Yuk simak artikel sepanjang 2018 yang jadi sorotan di kanal bisnis.

Januari 2018:  Pemerintah ubah skema pensiun bagi pegawai negeri sipil (PNS) 

Rencana pemerintah bergulir sejak 2017 ini kembali menyita perhatian. Selama ini pemerintah memakai skema pay as you go untuk anggaran pensiunan PNS. Skema ini dinilai anggarannya terlalu besar dan berubah-ubah tiap tahun. Hal ini lantaran pemerintah harus menalangi uang pensiun para abdi negara jika ada kekurangan.

Pemerintah pun akan mengganti skema pay us you go dengan skema baru yaitu fully handed. Dengan skema ini, PNS dan pemerintah akan bayar iuran uang pensiun secara bersama di depan seperti halnya dilakukan di perusahaan swasta. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memastikan perubahan skema pensiun untuk PNS diumumkan pada 2018.

Pada 22 Januari 2018, ketika itu Menteri PAN-RB Asman Abnur belum menerangkan secara rinci perubahan skema pensiun tersebut. Namun, ia memastikan skema pensiun akan beri motivasi bagi PNS untuk bekerja lebih baik lagi. Skema pensiun itu sudah tahap final. Melalui skema baru diharapkan manfaat yang diterima PNS lebih besar.

"Terakhir kita dengan dengan Kementerian Keuangan sedang memperbaiki sistem pensiun ASN. Sehingga model pensiun yang baru ini akan beri motivasi ASN bekerja lebih baik lagi," ujar dia.

Asman menambahkan skema pensiun ini akan perhitungkan masa kerja dan jumlah iuran. PNS akan terima manfaat maksimal saat pensiun.

"Kita berharap dihitung juga berdasarkan masa kerja dan jumlah iuran yang sekarang mungkin dikelola tidak sebagaimana mestinya. Dana pensiun masih dikelola Taspen tidak dikembalikan kemakmurannya untuk ASN,” ujar dia.

"Ke depan, kita akan ubah model ini agar manfaat dana pensiun memberikan nilai tambah ASN,” ujar dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani menuturkan, skema pensiun PNS yang baru dibahas internal pemerintah. “Skema pensiun masih dibahas di internal pemerintah,” ujar dia.

Walaupun tengah dibahas, Askolani menuturkan, program skema baru untuk pensiun PNS akan diterapkan pada 2018. Tentu saja hal itu harus menunggu restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dapat melaksanakannya.

Februari 2018: Produsen majalah Time gulung tikar

Memasuki bulan kedua, Time Inc sebagai produsen majalah Time bangkrut hingga akhirnya diakuisisi oleh perusahaan media asal Amerika Serikat (AS) Meredith Corp.

Berita penyelesaian akuisisi Time Inc itu menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com. Pada 1 Februari 2018, Meredith Corp sudah mulai menjalankan operasional baru yang gabungkan dua perusahaan itu.

Mereditch Corp akuisisi dengan beli saham Time Inc senilai USD 2,8 miliar. Akuisisi tersebut secara tidak langsung berdampak pada merek media lain yang dinaungi Time Inc antara lain Fortune, Sport Illustrated, dan People.

Mengutip laman Financial Time, ada sejumlah masalah yang dihadapi Time terutama dalam proses tumbuh kembangnya. Contohnya peluncuran web Pathfinder gagasan editor Time Walter Issacson yang tak laku dan merugi USD 15 juta per tahun.

Time juga alami krisis keuangan pada 2008 sehingga perusahaan besar antara lain IBM, Apple dan Toyota menarik iklannya di Time Inc. Hal ini membuat pendapatan turun drastic. Profesor Media dan Jurnalisme dari North Carolina University Chris Roush menuturkan, keterlambatan menyesuaikan perkembangan zaman yang ada membuat Time Inc bangkrut.

"Time Inc sangat lambat merangkul internet dan telat melihat kalau internet menjadi format utama di masa depan,” ujar Chris.

CEO baru Time Inc, Harty menuturkan banyak hal mesti dikerjakan. Salah satunya dengan melihat lagi aset yang ada dan menentukan langkah prioritas. “Kami berencana untuk mereview kembali aset-aset kami dan melepaskannya pada kepentingan lain yang lebih penting,” ujar dia.

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3817906/kaleidoskop-bisnis-seleksi-cpns-hingga-daftar-orang-terkaya-ri-curi-perhatian

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kaleidoskop Bisnis: Seleksi CPNS hingga Daftar Orang Terkaya RI Curi Perhatian"

Post a Comment

Powered by Blogger.