Search

Wakili Jokowi, Menteri PPN Buka Filantropi Indonesia Festival 2018

Liputan6.com, Jakarta Filantropi Indonesia menggelar Filantropi Indonesia Festival 2018 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 15-17 November. Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan turut hadir membuka festival ini.

Namun Jokowi urung hadir karena harus mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-33 di Singapura. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Bambang Brodjonegoro yang kemudian mewakili Jokowi pada acara ini.

Dalam sambutannya, Bambang Brodjonegoro menyampaikan permintaan maaf lantaran Jokowi tak dapat ikut serta dalam perayaan.

Dia pun menekankan, tindak filantropis yang artinya berbagi kedermawanan tak harus dilakukan orang yang berlebih secara harta semata.

"Selama ini filantropi mungkin cenderung identik dengan orang kaya. Padahal sebenarnya ini lebih kepada suatu ketulusan niat. Ini yang rupanya yang salah ditanggapi sebagian besar masyarakat kita," jelas dia di Cendrawasih Hall, JCC, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Meski begitu, dia bersyukur lantaran saat ini telah ada program Sustainable Development Goals (SDGs) yang kerap digaungkan Bappenas. SDGs merupakan suatu bentuk kesepakatan pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup.

"Jadi selain bicara tujuan kelanjutan pembangunan yang jadi mainstream di agenda perekonomian dunia, filantropi Indonesia pada saat yang sama membuka ruang bagi partisipasi siapa saja yang mau memberi dan membantu lewat kegiatan filantropis," tutur dia.

Dia turut mengutip laporan The World Giving Index yang menempatkan Indonesia berada di peringkat pertama negara paling dermawan di dunia. Hal tersebut seolah menunjukan bahwa toleransi tak harus diukur lewat tingkat kekayaan harta suatu bangsa.

"Indonesia ada di negara nomor satu dari berbagai negara yang pendapatan per kapitanya jauh di atas Indonesia. Ini mematahkan mitos, yang bilang kalau jadi filantropi harus banyak orang kaya. Kedermawanan hati untuk bantu sesamanya, ini yang jadi modal luar biasa," ujar dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3692846/wakili-jokowi-menteri-ppn-buka-filantropi-indonesia-festival-2018

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wakili Jokowi, Menteri PPN Buka Filantropi Indonesia Festival 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.