Search

Wajib Tahu! Ini Kelebihan dan Kekurangan Punya e-Banking

Selain memberikan keuntungan, harus dipahami bahwa e-banking juga memiliki kekurangan. Sebagai nasabah, kita harus tetap waspada karena pencurian data pribadi bisa saja terjadi.

Pencurian data bisa melalui teknik skimming atau melalui modus penipuan dengan berbagai macam penawaran yang menipu para nasabah.

Kemungkinan terburuk dari penggunaan e-banking adalah pencurian dana yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab atau yang biasa dikenal sebagai hacker.

Hacker bisa saja menguras habis isi rekening tabungan nasabah. Oleh karena itu, akan lebih baik mematuhi seluruh prosedur penggunaan internet banking agar keamanan data dan dana terjamin.

Pastikan juga perangkat yang digunakan seperti laptop dan pc, memiliki antivirus dan antimalware agar terhindar dari hacking dan cracking.

Hindari penggunaan internet banking di area atau layanan publik seperti warnet atau wifi gratis karena rawan tindakan penyadapan data.

Selain itu, pihak bank juga harus memberikan sosialisasi dan meningkatkan pengawasan terhadap seluruh transaksi perbankan nasabah.

Kekurangan lainnya adalah, nasabah dituntut untuk memiliki jaringan internet yang kuat agar bisa mengakses akun e-banking. Jika berada di wilayah dengan jaringan internet yang kurang baik, maka secara otomatis akan kesulitan saat mengaksesnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kekurangan dari penggunaan e-banking adalah kejaminan data, rawan pembobolan, dan mengharuskan nasabah untuk memiliki akses internet yang baik.

Sudah dibocorkan beberapa kelebihan dan kekurangan e-banking bagi nasabah. E-banking memang sangat menguntungkan, tapi sebagai nasabah juga harus memahami hal-hal di atas ya. Jika sudah memahaminya, maka tentu saja bisa menyiasati layanan ini dengan sebaik mungkin.

Semoga membantu!

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3696294/wajib-tahu-ini-kelebihan-dan-kekurangan-punya-e-banking

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wajib Tahu! Ini Kelebihan dan Kekurangan Punya e-Banking"

Post a Comment

Powered by Blogger.