Search

Mau Punya Rumah Sebelum Usia 30? Buruan Coba Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Generasi milenial disebut-sebut bakal kesulitan memiliki rumah sendiri akibat pendapatan yang didapatkan tidak mampu mengejar laju kenaikan harga rumah yang luar biasa kencang.

Harga hunian memang terus naik dari tahun ke tahun. Dalam situasi pasar properti normal, kenaikannya berkisar 8 persen-10 persen per tahun.

Tapi, saat pasar properti tengah booming seperti kisaran tahun 2012 silam, kenaikan unit properti termasuk tipe hunian rumah tapak ataupun apartemen, bisa mencapai 20 persen per tahun.

Di sisi lain, kenaikan pendapatan belum tentu sekencang itu. Upah minimum provinsi saja sejauh ini kenaikannya rata-rata di bawah 10 persen per tahun.

Namun, bukan berarti generasi milenial mustahil memiliki rumah di usia mudanya. Ada 5 trik penting yang bisa Anda terapkan bila ingin memiliki rumah sebelum usia menginjak kepala tiga. Inilah tips dari HaloMoney.co.id yang perlu Anda simak:

1. Tetapkan tujuan spesifik

Agar cita-cita memiliki rumah bisa Anda capai, mulailah dengan perencanaan yang spesifik. Misalnya, Anda ingin memiliki rumah dengan harga saat ini sekitar Rp 500 juta per unit. Untuk mendapatkan rumah tersebut, Anda berniat memanfaatkan fasilitas kredit pemilikan rumah dari bank.

Dengan begitu, yang perlu Anda siapkan adalah dua hal. Pertama, kebutuhan uang muka KPR. Saat ini, kebutuhan uang muka KPR untuk pengajuan KPR pertama kali adalah 10 persen dari nilai rumah. Bila statusnya sudah KPR kedua atau ketiga, maka kebutuhan uang mukanya mulai 20 persen-30 persen.

Saat ini, usia Anda adalah 23 tahun, baru mulai meniti karier sebagai fresh graduate dan menargetkan sudah memiliki rumah di usia 28 tahun. Dengan demikian, Anda memiliki waktu 5 tahun untuk menyiapkan kebutuhan uang muka KPR.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3726920/mau-punya-rumah-sebelum-usia-30-buruan-coba-cara-ini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mau Punya Rumah Sebelum Usia 30? Buruan Coba Cara Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.