Search

World Bank Sumbang Rp15,1 Triliun Pulihkan Daerah Terdampak Bencana

BALI - Bank Dunia telah mengumumkan pendanaan hingga USD1 miliar atau Rp15,1 triliun (Rp15.100 per USD) bagi Pemerintah Indonesia untuk melengkapi upaya bantuan dan rekonstruksi di daerah-daerah yang terkena dampak bencana di Lombok dan Sulawesi, dan untuk meningkatkan ketahanan jangka panjang.

Pendanaan akan tersedia berdasarkan permintaan oleh Pemerintah. Ini akan dipandu oleh hibah sebesar USD5 juta atau Rp74,7 miliar untuk bantuan teknis dan perencanaan terperinci untuk memastikan rekonstruksi yang kokoh dan dipimpin oleh masyarakat.

BERITA TERKAIT +

“Pada hari Jumat saya mengunjungi kota Palu di Sulawesi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sangat sedih melihat kehancuran dan mendengar kisah-kisah mereka yang terkena musibah,” kata Chief Executive Officer Bank Dunia, Kristalina Georgieva, pada keterangan tertulis yang diterima Okezone, Minggu (14/10/2018).

Baca Juga: Pasokan Listrik di Sulteng Pasca-Gempa Sudah Pulih 85%

Paket dari Bank Dunia ini dapat mencakup transfer tunai kepada 150.000 keluarga miskin yang terkena bencana untuk jangka waktu antara 6 bulan hingga satu tahun. Pembesaran sistem perlindungan sosial yang ada ini dirancang untuk mendukung ekonomi dan pekerjaan lokal selama fase pemulihan dan untuk menghindari kerusakan jangka panjang terhadap modal manusia.

“Upaya bantuan segera dari pemerintahan Indonesia sangat kuat dan mengesankan. Ketika memasuki fase rekonstruksi, kami menyediakan hingga USD1 miliar untuk dukungan komprehensif yang tersedia bagi Indonesia. Peringatan terbaik bagi mereka yang kehilangan nyawa adalah membangun kembali dengan lebih baik.” ujarnya.

Baca Juga: Ada 4 Lokasi Hunian Aman di Palu dan Donggala Pasca-Gempa & Tsunami

Paket bantuan sebesar USD1 miliar yang diusulkan ini juga dapat mencakup program pemulihan darurat baru untuk membiayai pembangunan kembali fasilitas publik yang penting dan aset infrastruktur, seperti rumah sakit, sekolah, jembatan, jalan, jalan raya, dan infrastruktur pasokan air.

Bantuan ini juga akan memperkuat sistem pemantauan dan peringatan dini, dan membantu membiayai rekonstruksi permukiman perumahan dan infrastruktur dan layanan di tingkat lingkungan.

"Pemerintah menghargai perhatian dan dukungan masyarakat internasional pada saat kami membutuhkan, termasuk dari Kelompok Bank Dunia. Memulihkan kehidupan dan mata pencaharian masyarakat yang terkena bencana alam adalah prioritas utama pemerintah," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

(Feb)

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/10/14/20/1963855/world-bank-sumbang-rp15-1-triliun-pulihkan-daerah-terdampak-bencana

Bagikan Berita Ini

0 Response to "World Bank Sumbang Rp15,1 Triliun Pulihkan Daerah Terdampak Bencana"

Post a Comment

Powered by Blogger.