Search

Kurs Rupiah Diprediksi Masih Lemah, Tertekan Penurunan Cadangan Devisa

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Kurs rupiah diprediksi masih akan terkulai lemah. Pada Jumat (5/10) kemarin kurs rupiah di pasar spot bahkan menyentuh level Rp 15.183 per dollar Amerika Serikat (AS) atau terkoreksi tipis 0,03%. Anda itu tidak berbeda jauh dengan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) juga menunjukkan pelemahan 0,32% pada Rp 15.182 per dollar AS. 

Nah, rupiah diprediksi akan semakin tertekan setelah Bank Indonesia (BI) merilis cadangan devisa yang menurun 2,61% atau hampir US$ 3,1 miliar menjadi US$ 114,8 miliar. Penurunan cadangan devisa ini lantaran digunakan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah serta pembayaran utang luar negeri pemerintah. 

Baca: Presiden Joko Widodo Turun Podium Hampiri Bulan, saat Pembukaan Asian Para Games

Namun dalam pernyataan resminya, BI masih meyakini, nilai cadangan devisa saat ini masih dapat menjaga stabilitas perekonomian khususnya makroekonomi, sektor eksternal dan sistem keuangan.

Kepala Ekonom Bahana Sekuritas Satria Sambijantoro mengatakan, fokus sentimen terhadap rupiah akan mengarah ke domestik. Ia menyebut tekanan terhadap nilai tukar rupiah masih akan cukup besar pada Senin (8/10). 

“Selain itu pelebaran defisit neraca perdagangan di September 2018 juga menjadi kekhawatiran pelaku pasar, terutama besarnya mismatch supply-demand valas,” jelasnya. Data neraca perdagangan September rencananya akan dirilis pada 16 Oktober mendatang.

Menurut Analis Valbury Asia Futures Lukman Leong, terkoreksinya nilai tukar rupiah juga dipengaruhi oleh indeks dollar yang masih berpotensi menguat. Per Minggu (7/10) pukul 12.37, indeks dollar berada di level 95,31. 

Baca: Survei SMRC: Elektabilitas Jokowi-Maruf Amin 60,4%, Prabowo-Sandiaga 29,8%

Baca: SMRC Nilai Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet Tak Otomatis Untungkan Jokowi

Selain itu kenaikan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) juga akan menjadi sentimen penekan bagi rupiah. Kamis pekan lalu (4/10), harga minyak WTI mencapai US$ 76,67 per barel.

Walaupun begitu, kedua analis tetap memprediksi BI akan terus melakukan intervensi untuk memperlambat rupiah yang terus terdepresiasi. “Ada harapan bagi rupiah untuk stabil karena komitmen BI yang akan tetap melakukan intervensi yang agresif untuk menstabilkan nilai tukar. Rupiah akan bergerak di level Rp 15.175 dan Rp 15.250,” jelas Satria. 

Sedangkan Lukman memproyeksikan rupiah akan bergerak di level Rp 15.100-Rp 15.200 per dollar AS pada Senin (8/10).

Let's block ads! (Why?)

http://jambi.tribunnews.com/2018/10/07/kurs-rupiah-diprediksi-masih-lemah-tertekan-penurunan-cadangan-devisa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kurs Rupiah Diprediksi Masih Lemah, Tertekan Penurunan Cadangan Devisa"

Post a Comment

Powered by Blogger.