Search

Bawa Sembako hingga Crane, 5 Kapal Tiba di Palu dan Donggala

Jakarta - Lima kapal bantuan kemanusiaan tiba di Pelabuhan Pantoloan, Palu dan Donggala hari ini. Kapal-kapal tersebut mengangkut berbagai jenis bantuan dari makanan hingga mobil crane.

"Kapal-kapal tersebut akan mengangkut bantuan berupa sembako, mobil crane, pakaian bekas, selimut, terpal serta portable genset," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Baitul Ihwan dalam keterangannya, Minggu (7/10/2018).

Kelima kapal tersebut yakni, kapal LCT Harapan II dari Balikpapan, KN Pasatimpo P.212, KLM. Siti Nurhalisa dari Tanjung Redep, LCT Daya Berguna 3 dari berau Tanjung Redep, dan KM. Labobar dari Bitung. kapal-kapal ini menambahkan beberapa kapal yang sudah tiba sebelumnya.

Pada Sabtu (6/10), tercatat sudah 5 kapal yang bersandar di Pelabuhan Pantoloan yang membawa bantuan logistik yakni KN. Maratua, LCT Cheetah, KMP Drajat Panciran, KM Camara Nusantara 4 dan KM Sabuk Nusantara 97. Kemudian, KN. Merak dan Kapal Angkatan Laut (KAL). Birang dan KAL Suluh Pari.

"Kapal tersebut membawa muatan air mineral, mie instan, makanan dan perlengkapan bayi, perlengkapan wanita, handuk, selimut, sarung dan tikar. Bantuan tersebut sudah didistribusikan kepada Kantor UPP Donggala serta lima Kelurahan yaitu Kelurahan Tanjung Batu, Boya, labuhan Bajo, Maleni, Bone Oge dan masyarakat Desa Loli," jelas Baitul.

Selain kapal bantuan kemanusian, KRI dr. Soeharso 990 yang merupakan kapal rumah sakit telah bersandar di Dermaga Timur Pelabuhan Pantoloan. Total ada 54 pasien rawat inap ddan 3 orang melahirkan ditangani oleh KRI dr. Soeharso 990.

"Sampai saat pasien yang ditangani sebanyak 54 orang pasien inap dan pasien melahirkan sebanyak 3 orang," kata Ihwan.

Dia menambahkan untuk kapal-kapal bantuan memang dipusatkan di Pelabuhan Pantoloan dan Donggala. Semua bantuan yang diterima langsung disalurkan ke para korban gempa dan tsunami di Palu.

"Dapat kami laporkan total bantuan logistik yang diterima dan disalurkan dari tanggal 2 sampai 6 Oktober 2018 yaitu logistik 328 ton, 7.796 koli, 26 kontainer, kendaraan roda empat sebanyak 58 unit, kendaraan roda dua sebanyak 60 unit, 10 unit genset, debarkasi relawan sebanyak 169 orang dan embarkasi pengungsi sebanyak 3.387 orang," ujarnya.
(ibh/jbr)

Let's block ads! (Why?)

https://news.detik.com/berita/4246309/bawa-sembako-hingga-crane-5-kapal-tiba-di-palu-dan-donggala

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bawa Sembako hingga Crane, 5 Kapal Tiba di Palu dan Donggala"

Post a Comment

Powered by Blogger.