Search

Cara OJK Gaet Masyarakat Sadar Asuransi

Liputan6.com, Bandung - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta perusahaan asuransi memberikan pemahaman dan penjelasan yang benar kepada masyarakat. Langkah ini salah satunya bertujuan menarik masyarakat sadar berasuransi.

Ini diungkapkan Kepala Eksekutif Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Riswinandi di Bandung, seperti dikutip Minggu (28/102/2018). 

Dia mengatakan, langkah dorongan yang sudah dilakukan OJK untuk membuat masyarakat yakin dengan asuransi, adalah dengan meminta asosiasi asuransi lebih tertib dalam melakukan sosialisasi tentang asuransi. "Paling tidak setahun sekali melakukan literasi," ujar dia.

Tak sebatas edukasi, para agen juga diminta memberikan penjelasan dengan detail dan benar klausul yang menjadi tanggung jawab asuransi, yang diberikan kepada masyarakat. Ini dengan harapan akan lebih memberikan pemahaman produk asuransi tersebut kepada masyarakat.

Bahkan, pihak kantor asuransi diharapkan memastikan jika pemegang polis benar-benar telah mengerti produk yang diiminatinya saat akan menandatangani.

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II OJK M Ichsanuddin mengemukakan, OJK telah bekerja sama dengan asosiasi asuransi untuk memberi edukasi kepada para agen asuransi.

Para agen diminta harus menjelaskan dengan baik agar pemegang polis dapat mengerti dengan jelas saat proses menawarkan produk.

"Sehingga pemegang polis tidak hanya tahu yang bagusnya saja," ujar dia.

Sementara itu, calon nasabah asuransi, juga harus detail menanyakan produk asuransi yang ditawarkan sang agen. Apalagi jika produk yang dibeli produk saving plan atau produk asuransi sekaligus investasi.

"Kadang orang berasuransi karena marketing-nya saudara atau teman jadi tidak dijelaskan secara detail," ujarnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3678239/cara-ojk-gaet-masyarakat-sadar-asuransi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara OJK Gaet Masyarakat Sadar Asuransi"

Post a Comment

Powered by Blogger.