Search

Besok Tes CPNS Dimulai, Peserta Diwajibkan Hadir 1 Jam Sebelumnya

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengimbau kepada para peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 jangan sampai telat datang ke tempat tes. Bahkan BKN meminta kepada para peserta untuk bisa hadir satu jam sebelum tes dimulai.

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan, alasan mengapa para peserta diminta untuk hadir satu jam sebelumnya adalah karena ada serangkaian pemeriksaan dan penjelasan yang harus diterima oleh para peserta. Pemeriksaan pertama adalah ketika para peserta masuk ke tempat tes.

BERITA TERKAIT +

Baca Juga: Soal Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018 Tidak Bocor dan Aman 100%

Panitia akan memastikan jika para peserta tidak ada yang membawa benda-benda aneh untuk berbuat curang. Sebut saja benda seperti handphone, contekan, hingga jimat akan dipatikan tidak bisa masuk ke ruangan tes.

"Kami akan berlakukan mereka harus ada 1 jam sebelumnya. 1 jam harus sudah di tempat karena akan ada pemeriksaan fisik dan sebagainya pokoknya macam-macam," ujarnya kepada Okezone, Kamis (25/10/2018).

Setelah masuk ke dalam ruangan, para peserta juga akan menerima penjelasan dari petugas yang berjaga mengenai mekanisme pengisian soalnya. Para peserta harus benar-benar memperhatikan penjelas tersebut karena ini hanya dilakukan satu kali, sehingga bagi mereka yang telat akan tertinggal.

"Teman-teman akan diberikan penjelasan bagaimana mengisinya. Jadi ada 1 jam sebelum mulai teman-teman harus sudah datang," ucapnya.

Ridwan juga meminta kepada para peserta yang akan melaksanakan tes ada dua barang yang wajib dibawa. Kedua barang tersebut adalah Kartu Peserta dan Kartu tanda Penduduk (KTP). Ridwan mengatakan, untuk kartu peserta bisa didapatkan dan print lewat portal SSCN sejak hari ini. Yang harus diperhatikan adalah kartu peserta tersebut harus di print berwarna dan bukan hitam-putih.

 Baca Juga: Aturan Pegawai Pemerintah Non-PNS Segera Rampung

Sedangkan bagi para peserta yang belum memiliki KTP, karena sesuatu hal bisa menggunakan kartu identitas lainnya seperti SIM. Asalkan menurutnya, kartu tanda pengenal tersebut harus asli dan terdapat foto di dalamnya serta alamat dan informasi di dalamnya sama dengan kartu peserta yang sudah di print.

Ridwan juga menyebut para peserta tidak perlu membawa peralatan lainnya seperti pensil atau kertas. Sebab panitia seleksi menyediakan pensi dan kertas buram untuk mengakomodir soal yang sifatnya hitung-hitungan.

"Apa yang harus dibawa oleh pelamar? selain baju dan celana (putih hitam) tentunya mereka wajib bawa KTP (atau kartu identitas asli) serta kartu tanda peserta SKD yang bisa di download di web SSCN mulai kapan? sudah muali kemarin untuk instansi yang sudah selesai. Dan jangan lupa ada beberapa instan yang minta di print tentunya colour (berwarna) bukan hitam putih," ujarnya.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/10/25/320/1969043/besok-tes-cpns-dimulai-peserta-diwajibkan-hadir-1-jam-sebelumnya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Besok Tes CPNS Dimulai, Peserta Diwajibkan Hadir 1 Jam Sebelumnya"

Post a Comment

Powered by Blogger.