Search

6 Jurus Lunasi Tunggakan Tagihan Kartu Kredit

JAKARTA - Saat ini, terdapat berbagai kemudahan yang bisa dinikmati semua orang dengan memiliki kartu kredit. Namun di balik kemudahannya itu, sebagai nasabah Anda juga perlu berhati-hati dengan risiko tagihan membengkak.

Belum lagi jika kartu kredit yang dimiliki lebih dari satu. Simak enam jurus mengatasi tagihan kartu kredit menunggak.

BERITA TERKAIT +

Namun di balik kemudahannya itu, sebagai nasabah Anda juga perlu berhati-hati dengan risiko tagihan membengkak. Belum lagi jika kartu kredit yang dimiliki lebih dari satu. Pembayaran yang menunggak kemungkinan besar dapat terjadi.

 Baca Juga: Jangan Gegabah, Ada 4 Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Tarik Tunai Kartu Kredit

Untuk masalah tagihan kartu kredit menunggak ini, pihak Bank Indonesia sebenarnya telah menetapkan aturan bahwa tidak ada keringanan pembayaran dengan alasan sakit atau terkena PHK. Mengingat hal tersebut merupakan kewajiban nasabah yang harus dipenuhi.

 

Lantas, bagaimana cara mengatasi tagihan kartu kredit menunggak? Tenang, lunasi dengan tips-tips berikut ini seperti dikutip cekaja, Sabtu (13/10/2018).

1. Stop penggunaan kartu kredit

Hal pertama yang Anda harus lakukan tentunya berhenti menggunakan kartu kredit. Meski limit masih cukup, jangan pernah terlena.

Lalu ingat, jika masih ada tagihan kartu kredit menunggak yang harus segera diselesaikan. Cara terbaik untuk menghindari godaan tersebut adalah tinggalkan kartu kredit Anda di rumah, dan bawa uang tunai saja ketika bepergian.

 Baca Juga: Pengajuan Kartu Kredit Anda Sering Ditolak? Cek Penyebabnya

Uniknya, beberapa orang yang juga mengalami masalah ini bahkan nekat menggunting kartu kredit mereka demi menghindari pemborosan, lho.

 

2. Hitung jumlah tunggakan dan gaji setiap bulan

Langkah berikutnya, mulai hitung berapa jumlah tagihan kartu kredit menunggak Anda. Sesuaikan pula dengan gaji yang didapat. Umumnya sistem pada bank selalu menawarkan minimum pembayaran.

Tidak masalah jika hanya mampu membayar dengan cara tersebut, akan tetapi pastikan Anda juga menghitung besaran bunga yang dikenakan di bulan selanjutnya. Jika sewaktu-waktu ada pemasukan lebih, Anda bisa menambah jumlah pembayaran yang menunggak.

 

Misalnya dengan minimum pembayaran 500 ribu, menjadi 1 juta. Jika rutin dibayar tanpa menambah tagihan lain, lama kelamaan tunggakan pasti cepat selesai.

Baca Juga: Orang Indonesia Sanggup Hidup Tanpa Uang Tunai Selama 24 Jam, Ini Penjelasannya

3. Pilih kartu mana dulu yang akan dilunasi

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit lebih dari satu, kondisi ini mungkin agak membingungkan saat akan melunasi tunggakannya. Pelan-pelan coba buat skala prioritas dengan membandingkan mana kartu yang bunganya lebih tinggi.

Kemudian lunasi tunggakan kartu kredit yang bunganya paling besar terlebih dahulu. Setelah kartu kredit tersebut lunas, Anda bisa fokus dengan kartu kredit yang tunggakan dan bunga tagihannya lebih kecil.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/10/12/320/1963107/6-jurus-lunasi-tunggakan-tagihan-kartu-kredit

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Jurus Lunasi Tunggakan Tagihan Kartu Kredit"

Post a Comment

Powered by Blogger.