Search

Sri Mulyani Fokuskan Dana Bantuan Gempa Sulteng untuk Penyelamatan

loading...

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bakal memfokuskan dana bantuan untuk korban gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) senilai sekitar Rp560 miliar untuk upaya penyelamatan. Dia pun akan mengesampingkan pembenahan infrastrukutur demi memfokuskan korban selamat.

"Kami pertama tidak bicara infrastruktur dulu, kita bicara nyawa manusia. Jadi akan dilakukan pada minggu awal. Tolong masyarakat diinisiasi kesehatan, keselamatan, stok makanan, dan minuman dam shelter sementara," ujar Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

Dana ini pun merupakan dana tambahan yang dikeluarkan dari APBN, namun Ia memastikan tidak akan membenani dana APBN yang telah ditetapkan. "Jadi ini adalah masa emergency. Bantu masyarakat agar korban seminimal mungkin atau mereka yang sakit. Rumah sakit dan lainnya nanti kami lihat assesment dari kerusakannya, ini dari APBN. Tapi  tetap APBN kita masih sehat," tandasnya.

Sebelumnya Ia menekankan siap mencairkan dana bantuan untuk korban gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diikuti tsunami dan beberapa gempa susulan. Dana yang bakal dikucurkan senilai Rp560 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Sekitar Rp560 miliar yang kita proses agar segera dicairkan dari perbankan biar dana BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) itu bisa menggelar operasi keselamatan," tegasnya.

(akr)

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1342274/34/sri-mulyani-fokuskan-dana-bantuan-gempa-sulteng-untuk-penyelamatan-1538225576

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sri Mulyani Fokuskan Dana Bantuan Gempa Sulteng untuk Penyelamatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.