Search

Siskeudes Lancar, 13 Desa di Margasari Kabupaten Tegal Sudah ...

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Beberapa desa di Kabupaten Tegal diketahui memang bermasalah dengan Sistem Tata Kelola Keuangan Desa (Siskeudes).

Namun, hal itu berbeda untuk wilayah Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah yang dinilai berjalan lancar.

Hingga kini, sistem tersebut tidak ada kendala meski yang baru mengirim ke siskeudes hanya tiga desa melalui operator di kecamatan.

Tiga desa itu di antaranya, Desa Pakulaut, Karangdawa, dan Danaraja.

"Baru tiga desa yang sudah memposting di aplikasi siskeudes. Yaitu, Desa Pakulaut, Karangdawa, dan Danaraja," kata Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Margasari, Catur, saat ditemui di kantornya, Kamis (13/8/2018).

Menurut Catur, untuk 10 desa lainnya saat ini sedang dalam proses perbaikan karena siskeudes harus disesuaikan dengan anggaran Pilkades.

Rencananya, di wilayah Kecamatan Margasari ada 10 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahap II pada 17 Desember 2018 mendatang.

"Kalau Laporan Pertanggungjawaban (Lpj) Dana Desa (DD), sudah diserahkan semua. Ada 13 desa," sambung dia.

Sementara itu, Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Margasari, Sugeng menyebut, mestinya setelah Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sudah disahkan, maka siskeudes harus dilaporkan ke operator kecamatan setempat.

Hal itu dilakukan agar operator mulai akan memposting di aplikasi siskeudes.

"Harusnya APBDes digedok bulan Januari. Tapi sekarang sering molor. Bulan Mei baru digedok. Itu lah yang mengakibatkan laporan siskeudes tidak serentak," ungkapnya.(*)

Let's block ads! (Why?)

http://jateng.tribunnews.com/2018/09/13/siskeudes-lancar-13-desa-di-margasari-kabupaten-tegal-sudah-serahkan-lpj-dana-desa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siskeudes Lancar, 13 Desa di Margasari Kabupaten Tegal Sudah ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.