Search

Rupiah Melemah, Pertamina Tegaskan Tak Ada Kenaikan Harga BBM

VIVA – PT Pertamina menegaskan, tidak ada kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM saat ini. Meskipun, rupiah terus mengalami pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat. 

"Harga BBM Pertamina masih tetap dan belum ada rencana penyesuaian harga," tegas Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito dikutip dari keterangan resminya, Rabu 5 September 2018

Pertamina, lanjut dia, akan terus memantau kondisi nilai tukar rupiah. Agar, Pertamina tetap mampu menjaga penyediaan dan melayani kebutuhan BBM di masyarakat. 

Selaku badan usaha, Pertamina pun akan melaporkan setiap perubahan harga BBM kepada pemerintah, khususnya menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 tahun 2018 tentang perhitungan harga jual eceran BBM.

"Pertamina patuh pada aturan pemerintah bahwa setiap penyesuaian harga harus dilaporkan dahulu," ungkapnya. 

Lihat Juga

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menegaskan bahwa pemerintah tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak dalam waktu dekat. 

"Gini loh, menurut saya, gini jawabannya, pemerintah tidak merencanakan kenaikan BBM dalam waktu dekat," ujar Jonan di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa malam, 4 September 2018.

Jonan mengatakan, ia telah melakukan rapat dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mengambil sejumlah kebijakan menyelamatkan rupiah. Adapun, beberapa kebijakan yang diambil adalah dengan mengurangi impor melalui optimalisasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di sektor migas. (asp)

Let's block ads! (Why?)

https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1072026-rupiah-melemah-pertamina-tegaskan-tak-ada-kenaikan-harga-bbm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Melemah, Pertamina Tegaskan Tak Ada Kenaikan Harga BBM"

Post a Comment

Powered by Blogger.