Search

Pakai Gas Elpiji 3 Kg, Nelayan Bisa Melaut hingga 10 Jam

LABUHANBATU - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, membagikan paket mesin dan alat pengubah energi (konverter kit) kepada 310 nelayan tradisional di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Pembagian ini merupakan bagian dari program konversi bahan bakar nelayan (marine) dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas yang sudah dimulai sejak 2016 lalu.

Pembagian konverter kit yang setiap unitnya disertai dengan 2 tabung gas elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram itu, dilakukan oleh Menteri ESDM, Ignatius Jonan melalui Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Ego Syahrial di Kantor Desa Tanjung Haloban, Jalan Provinsi KM 18, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Jumat (21/9/2018).

BERITA TERKAIT +

 gas

Hadir dalam penyerahan itu, Plt Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe; Ketua Komisi VII DPR-RI, Gus Irawan Pasaribu; dan General Manager PT Pertamina Marketing Operation Regional I-Sunbagut, Joko Pitoyo yang diwakili oleh Pjs Manager Projects Konversi LPG, Herdi S Indrawan; serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu, Jumingan.

Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan, lewat program konversi ini diharapkan para nelayan kecil yang selama ini melaut dengan menggunakan kapal berkapasitas di bawah 5 grosston (GT) dapat menaikkan taraf hidupnya. Karena selain ramah lingkungan, mesin berbahan bakar gas yang kini digunakan para nelayan penerima manfaat program konversi itu, akan lebih efisien dan menekan biaya produksi para nelayan.

gas

"Untuk kegiatan para nelayan 7-10 jam, rata-rata dibutuhkan sekitar 7 liter bensin. Dengan konversi ke gas saat ini. Mereka hanya akan membutuhkan 1 tabung gas ukuran 3 kilogram seharga Rp18.000. Jadi mereka bisa menghemat Rp25.000-Rp30.000 per harinya untuk bahan bakar. Jadi lebih banyak uang yang bisa dibawa untuk keluarga,"sebut Ego.

"Ini program pemerintah dalam rangka memperbaiki kondisi penggunaan bahan bakar dari minyak yang cukup polutan menjadi gas yang lebih ramah. Karena gas selain lebih baik untuk udara, bahan bakar gas tidak mencemari jika ke terjatuh ke air,"tambahnya.

Ego lebih lanjut memaparkan, sejak diluncurkan pada tahun 2016 lalu, pemerintah terus menambah jumlah nelayan penerima manfaat program konversi tersebut. Bahkan tahun depan, sudah disiapkan anggaran pengadaan 25.000 paket konverter untuk seluruh Indonesia.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/21/320/1953759/pakai-gas-elpiji-3-kg-nelayan-bisa-melaut-hingga-10-jam

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pakai Gas Elpiji 3 Kg, Nelayan Bisa Melaut hingga 10 Jam"

Post a Comment

Powered by Blogger.