Search

Pacu Ekspor, Sri Mulyani Ingin Peran Nyata dan Konkrit LPEI

loading...

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengakui, sepanjang sembilan tahun kehadirannya Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank diakui sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan kemampuan dan pembiayaan eksportir. Meski begitu Ia berharap, peran LPEI semakin memberikan dampak nyata.

"Oleh karenanya LPEI harus dapat menyasar penyediaan fasilitasnya ke sektor-sektor yang impactful bagi kinerja ekspor nasional dan variabel variabel makroekonomi lainnya serta aspek-aspek sosial. Sehingga peran LPEI dapat memberikan dampak nyata dan konkrit bagi bangsa,” ujar Menkeu Sri Mulyani saat seminar nasional Peningkatan Ekspor Nasional dan Dukung Pemangku Kebijakan di Jakarta, Senin (24/9/2018).

LPEI dan Indonesia Eximbank sendiri telah melakukan riset dengan jejaring Perguruan Tinggi untuk pengembangan ekspor Indonesia (UNIED). Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong upaya dalam peningkatan ekspor Indonesia. Para pemangku kebijakan dalam seminar nasional ini, menyepakati diperlukannya penetapan peningkatan ekspor sebagai salah satu sasaran pokok pembangunan nasional.

Selanjuynya Penetapan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Kebijakan Dasar Pembiayaan Ekspor Nasional (KD PEN), yang mencakup penyesuaian skala usaha UKM ekspor. Penetapan komoditas dan target ekspor unggulan nasional, Kebijakan tata kelola infrastruktur ekspor yang Iebih baik berdasarkan satu peta jalan nasional.

"Export dashboard, Forum Kerja Bersama Ekspor serta joint monitoring committee, konsorsium Perguruan Tinggi untuk mendorong Peningkatan Jasa Pendidikan Tinggi Inbound, serta Action Projects untuk peningkatan ekspor salah satu komoditas unggulan yang dilaksanakan dalam salah satu siklus sehingga dapat dievaluasi dampaknya," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank Sinthya Roesly mengatakan, ekspor barang dan jasa sangat penting untuk terus didorong serta harus berdaya saing agar semakin diminati global. "Dari hasil kajian winning commodities menjadi fokus kami dalam mendorong akselerasi ekspor winning commodities tersebut,” jelasnya.

”Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kemanfaatan LPEI bagi bangsa dan negara, namun kami tidak dapat berjalan sendirian. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kehadiran dan dukungan para stakeholders dalam mendukung revitalisasi peran LPEI," tandasnya.

(akr)

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1340796/34/pacu-ekspor-sri-mulyani-ingin-peran-nyata-dan-konkrit-lpei-1537774838

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pacu Ekspor, Sri Mulyani Ingin Peran Nyata dan Konkrit LPEI"

Post a Comment

Powered by Blogger.