Search

Manfaatkan Lahan Kering, Anggota Koramil Driyorejo Gresik Bina ...

SURYA.co.id | GRESIK - Koramil Driyorejo berhasil membina kelompok petani Desa Tenaru Kecamatan Driyorejo bertanam sayur di musim kemarau. Sayuran tersebut berupa tanaman gambas dan pare.

Pembinaan tersebut dilakukan jajaran Koramil untuk membantu petani memanfaatkan lahan pertanian selama musim kemarau. Sehingga petani dikawal untuk menanam sayuran dengan memanfaatkan air sungai Brantas.

Setelah beberapa Minggu, akhirnya para petani perhasil memanen sayuran gambas dan pare di lahan Pertanian Dusun Mojokopek Desa Mulung Driyorejo seluas 6 hektar. "Kita memberikan semangat kepada petani untuk memanfaatkan lahan kering selama musim kemarau untuk ditanami sayuran," kata Danramil Driyorejo Kapten Inf. Kusmadi, Minggu (30/9/2018).

Untuk memberi kemudahan bibit, Koramil Driyorejo menggandeng PT East West Seed Indonesia Cap Panah Merah untuk memberikan bantuan benih sayuran. "Keterlibatan perusahaan sangat membantu masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan pertanian selama musim kemarau," imbuhnya.

Ketua Gapoktan Desa Tenaru Sutrisno mengatakan bahwa selama ini petani tidak memanfaatkan lahan pertanian saat musim kemarau. Tapi setelah ada pembinaan dari Babinsa untuk menanam sayuran petani langsung mencoba dan ternyata berhasil.

Untuk memanfaatkan lahan pertanian pertanian yang kering tersebut, petani dibantu pompa air untuk menyedot air dari sungai Brantas. "Kami bersyukur, dapat panen sayur saat musim kemarau. Dan menghasilkan uang. Nanti saat musim hujan bisa digunakan untuk bertanam padi," kata Sutrisno.

Let's block ads! (Why?)

http://surabaya.tribunnews.com/2018/09/30/manfaatkan-lahan-kering-anggota-koramil-driyorejo-gresik-bina-petani-tanam-sayuran

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Manfaatkan Lahan Kering, Anggota Koramil Driyorejo Gresik Bina ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.