Search

Konvensi QCC Angkat Kualitas UKM Mitra YDBA Songsong Industri 4.0

loading...

CIKARANG - Persaingan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang semakin ketat menjadi tantangan untuk berinovasi dan mengimprove diri agar bertahan di era Industri 4.0. Tantangan itu disikapi Yayasan Dana Bakti Astra (YDBA) dengan membuat Konvensi Quality Control Circle (QCC) bagi para pelaku UKM yang dinaunginya.

Konvensi QCC menjadi ajang kompetisi bagi UKM Mitra YDBA dalam menerapkan budaya continuous atau budaya kaizen agar naik kelas dan bertahan di tengah persaingan ketat. Tahun ini, Konvensi QCC menetapkan tiga UKM Mitra YDBA lolos ke babak final, yakni PT Nandya Karya perkasa, PT Ganding Toolsindo, dan PT Maha Tandra. Ketiga UKM finalis tersebut lolos setelah menyisihkan 15 UKM yang berasal dari Jabodetabek,  Sukabumi, Bandung, dan Solo.

Ketiga kelompok QCC finalis tersebut mempresentasikan hasil improvementnya di hadapan dewan juri, pemilik, manajemen, dan karyawan UKM Mitra YDBA di wilayah Jabodetabek. Mereka lolos setelah mendapatkan nilai tertinggi dalam proses pendaftaran, seleksi makalah, presentasi konsep QCC hingga kegiatan genba di UKM.

Setelah melalui presentasi di babak final, akhirnya tim Lupus yang mewakili PT Nandya Karya Perkasa terpilih sebagai juara setelah presentasinya yang berjudul Efisiensi Proses Pada Part Pipe Centre Cross KWW mendapatkan nilai tertinggi. Peringkat kedua ditempati tim Metaformosis dari PT Maha Tandra dengan presentasi Mempercepat Proses Pengerjaan Gelang Majesty. Sedangkan Kelompok #Koalisi2018 menempati posisi ketiga dengan mengangat tema Efisiensi Proses Part Bracket 3-2 1WD. 

''Kami berharap ketiga peserta terbaik memotivasi rekan-rekan UKM yang lain untuk menerapkan budaya kaizen dan mengikuti Konvensi QCC di tahun depan. Bagi finalis, diharapkan konsisten menjaga budaya kaizen agar meningkatkan kinerjanya untuk mencapai naik kelas dan awet,''kata David Budiono pengawas YDBA sekaligus production, engineering & procurement director PT Astra Honda Motor dalam paparannya mewakili ketua pembina YDBA di  PT AHM Plant 3, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat.

Selain Konvensi QCC, YDBA menghadirkan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (PT TMMIN) Warih Andang Tjahjono untuk sharing moment yang mengangkat materi Kiat UKM Menghadapi Industri 4.0. Konvensi QCC edisi ketiga diharapkan  mendorong UKM Mitra YDBA baik manufaktur, bengkel, usaha tani, dan kerajinan agar terus melakukan improvement untuk meningkatkan produktivitas usahanya.

 

(aww)

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1340381/34/konvensi-qcc-angkat-kualitas-ukm-mitra-ydba-songsong-industri-40-1537599486

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Konvensi QCC Angkat Kualitas UKM Mitra YDBA Songsong Industri 4.0"

Post a Comment

Powered by Blogger.