Search

Ini Gebrakan Bupati Anna Mengentas Kemiskinan di Bojonegoro

Surabaya - Bupati Bojonegoro Anna Muawanah baru saja dilantik Gubernur Jatim Soekarwo. Bupati wanita pertama di Bojonegoro ini memiliki program mengentas kemiskinan dengan cara mengurangi rentenir di wilayahnya.

Dalam program ini, Anna mengaku pihaknya akan hadir untuk menggantikan peran rentenir. Bagi Ana, hal ini penting untuk membantu masyarakat agar tidak terperdaya rentenir yang selalu mematok biaya tinggi.

"Kalau masalah kemiskinan tadi data kemiskinan ada 14 koma sekian persen, kami melihat ada beberapa komponen yang bisa untuk mengurangi kemiskinan ada 11 atau 12 komponen misal bidang kesehatan, pendidikan, juga faktor ekonomi," papar Bupati Anna ditemui usai dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (24/9/2018).


"Nah faktor ekonomi itu termasuk adalah dua diantara program unggulan saya, bagaimana kami ingin meminimalisir di saat orang perlu dana dan pembiayaan, kami hadir, sehingga tidak ada rentenir rentenir yang memberikan cost yang tinggi," imbuhnya.

Tak hanya itu, Anna menilai biaya tinggi yang dipatok rentenir akan mengurangi produktifitas dari UMKM. Untuk itu, Anna percaya jika hal ini bisa ditekan, bisa mengurangi angka kemiskinan di wilayahnya.

"Rentenir itu kan biayanya tinggi itu akan mengurangi produktifitas UMKM. Maka untuk mengurangi angka kemiskinan termasuk 17 komponen, salah satunya adalah di sektor ekonomi," lanjut Anna.

Anna menambahkan saat kampanye, ada 17 komponen yang dia janjikan ke masyarakat. Dalam waktu dekat, dirinya akan fokus pada hal-hal tersebut.


"Saat kampanye kemarin kami memiliki 17 program prioritas dan 2 ada program unggulan yakni memaksimalkan produktivitas di sektor pertanian mengenai infrastruktur, tentunya infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi pertanian. Sehingga antara program yang satu dan yang lainnya itu saling berkaitan," ungkapnya.

Selain itu, Anna mengatakan pihaknya juga akan mendukung pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Dalam hal ini, pihaknya mencanangkan transparansi government accountability.

"Kami akan mendukung ke sana bahkan kami akan bahkan kami sudah mencanangkan untuk transparansi government accountability, sehingga secara anggaran harus tepat guna tepat sasaran dan bisa kita pertanggungjawabkan," imbuhnya.
(bdh/bdh)

Let's block ads! (Why?)

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4226785/ini-gebrakan-bupati-anna-mengentas-kemiskinan-di-bojonegoro

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Gebrakan Bupati Anna Mengentas Kemiskinan di Bojonegoro"

Post a Comment

Powered by Blogger.