Search

Daftar 5 Negara dengan Kredit Macet Tertinggi

JAKARTA - Bisnis perbankan memang tidak bisa dilepaskan dari penyaluran kredit. Kredit macet atau non performing loan (NPL) sendiri merupakan risiko bisnis yang harus dihadapi bank untuk tetap dapat survive di tengah ketatnya persaingan di antara lembaga perbankan. Nah, berikut 5 negara dengan kredit macet tertinggi! 

Jika dilihat, memang angka kredit bermasalah di Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan rasio kredit bermasalah di negara lain. Hal itu merupakan buah manis dari upaya OJK untuk menjaga risiko kredit di tengah volatilitas pasar keuangan.

BERITA TERKAIT +

Untuk itu OJK terus mengambil langkah kebijakan yang diperlukan untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan nasional dan memperkuat koordinasi dengan lembaga terkait. Sementara dari sisi fungsi intermediasi, hingga 1 bulan setelah paruh pertama selesai, bank – bank di Indonesia berhasil menumbuhkan volume kredit sebesar 11,34%.

rupiah

Dilihat secara sederhana saja, pertumbuhan tersebut menyiratkan bahwa industri jasa keuangan di Indonesia memang terus bertumbuh secara positif. Lalu bagaimana dengan negara lain, bagaimana kondisi kredit bermasalahnya?

Berdasarkan data World Bank, negara dengan rasio kredit bermasalah atau kredit macet terbesar diisi oleh Ukraina.

Ukraina

Negara pecahan Uni Soviet ini menempati posisi teratas untuk kredit macet. Bahkan pada tahun 2017 lalu rasionya mencapai 54,5% dari total penyaluran pinjaman. Banyaknya pinjaman yang bermotif politik diduga menjadi salah satu penyebab tingginya rasio kredit macet di negara ini.

rupiah

Bahkan melansir Euromoney, mayoritas debitur yang “bandel” dalam melakukan pembayaran pinjaman adalah anggota parlemen Ukraina sendiri. Alhasil bank-bank milik pemerintah di sana lah yang harus menanggung beban macetnya pengembalian dana pinjaman, karena dari total pinjaman yang diberikan oleh bank BUMN di Ukraina, tiga perempatnya masuk dalam kategori terlambat.

Oleh karena itu, negeri yang dipimpin oleh Petro Poroshenko itu tengah berupaya keras melakukan reformasi bank guna menurunkan rasio kredit macetnya.

Yunani

Negeri dewa dewi ini menempati peringkat kedua tertinggi untuk perolehan kredit macet. Rasionya mencapai 45,6% dari total penyaluran pinjaman.

Negeri yang pernah dinyatakan bangkrut pada tahun 2010 lalu itu memiliki tingkat NPL yang sangat tinggi lantaran kondisi ekonomi dalam negerinya sendiri yang sejak tahun 2010 mulai terseok-seok.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/08/320/1947806/daftar-5-negara-dengan-kredit-macet-tertinggi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daftar 5 Negara dengan Kredit Macet Tertinggi"

Post a Comment

Powered by Blogger.