Search

Kendaraan Bermotor Wajib Pakai Euro 4, Apa Kelebihannya?

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Euro 4 memiliki banyak keuntungan. Selain dari sisi lingkungan hidup, keuntungannya lainnya adalah mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hal ini Asisten Deputi Pelestarian Lingkungan Hidup Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Dida Gardera  dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat, BBM Euro 4 Ramah Lingkungan, di Ruang Serba Guna Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

"Dari sisi lingkungan hidup terjadi penurunan polutan dan emisi gas buang rata-rata mencapai 50 persen. Dengan demikian, produk otomotif yang dirakit di dalam negeri akan mudah masuk ke pasar ekspor. Dari sisi pertumbuhan ekonomi jelas menguntungkan," ungkapnya.

Untuk itu, Kemenko Perekonomian memastikan akan mendorong penerapan BBM berstandar Euro 4 agar tercapai pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, serta menurunkan pencemaran udara dan masalah kesehatan. "Target kita 18 bulan, tapi bisa dipercepat 2 bulan, bahwa kita sudah siap BBM Euro 4. Ini optimistis, dari sisi lingkungan dan ekonomi juga positif," ujarnya.

Dida mengatakan, adanya momentum Asian Games 2018 maupun IMF-World Bank di Bali, penerapan BBM Euro 4 akan dipercepat mulai Agustus. Mengingat tingkat emisi rendah menjadi syarat bagi penyelenggaraan ajang olahraga terbesar se-Asia ini. Menurutnya, industri otomotif nasional juga tengah siap menindaklanjuti Permen LHK tentang BBM Euro 4 ini.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3614662/kendaraan-bermotor-wajib-pakai-euro-4-apa-kelebihannya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kendaraan Bermotor Wajib Pakai Euro 4, Apa Kelebihannya?"

Post a Comment

Powered by Blogger.