Search

Jokowi Dorong Kepala Daerah Genjot Investasi dan Ekspor

loading...

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong para kepala daerah untuk meningkatkan investasi dan ekspor. Hal itu dilakukan untuk mengatasi defisit anggaran yang dialami Indonesia.

Pesan itu seperti disampaikan Presiden Jokowi saat membuka rapat koordinasi nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

"Saya titip kepada gubernur, wali kota, bupati, ekspansi yang orientasinya ekspor atau investasi subtitusi barang impor. Jangan pikir panjang-panjang, jalan langsung investasi itu," kata Jokowi.

Jokowi kembali meminta agar perizinan untuk investor dipermudah. Kemudahan perizinan, kata Jokowi, perlu dilakukan agar investor tak berpikir panjang untuk menanamkan modal di suatu daerah.

Selain meminta permudahan perizinan, Jokowi juga mendorong para kepala daerah memperhatikan sektor wisata. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin, sektor pariwisata bisa mendongkrak devisa negara.

"Berikan ruang besar bagi investasi, terutama untuk daerah-daerah yang pariwisatanya sudah mulai gencar oleh wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri," kata Jokowi.

Untuk urusan pariwisata, Jokowi mengatakan pemerintah pusat siap membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pariwisata lokal. Ada sejumlah program yang dimiliki pemerintah, salah satunya yang dipelopori Kementerian Pariwisata.

"Kita fokus kerjakan, memang baru Mandalika di NTB, Labuan Bajo di NTT, Borobudur di Jawa Tengah, Yogya, kemudian Toba di Sumatera Utara. Memang kita akan fokus di situ, yang lain silakan berjalan," kata Jokowi.

(fjo)

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1325239/33/jokowi-dorong-kepala-daerah-genjot-investasi-dan-ekspor-1532588704

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Dorong Kepala Daerah Genjot Investasi dan Ekspor"

Post a Comment

Powered by Blogger.