Search

Cara Kementan Tekan Harga Ayam Beku yang Capai Rp 40 Ribu/Kg

Jakarta - Dalam upaya menstabilkan harga ayam di pasaran yang saat ini sudah melebihi harga acuan pemerintah, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan Launching Operasi Pasar pada hari Sabtu (28/7) di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC), Jakarta Selatan.

Harga daging ayam beku saat ini berkisar di angka Rp 31 ribu hingga Rp 32 ribu per kg, tetapi di pasaran dijual rata-rata mencapai Rp 38 ribu per kg bahkan ada yang diatas Rp 40 ribu per kg.

"Mestinya harga daging ayam beku ini tidak naik, karena produksinya mencapai 1,8 juta ton. Sedangkan kebutuhan hanya 1,5 juta ton sehingga terjadi surplus," ujar Kepala BKP, Agung Hendriadi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/7/2018).


Harga daging ayam beku seharusnya dijual Rp 31 ribu per kg. Harga tersebut berdasar karena pasokan ayam langsung dikirim dari peternakan ayam. Selain daging ayam beku, masyarakat juga seharusnya bisa memperoleh beberapa komoditas pangan strategis lainnya seperti telur ayam ras dengan harga Rp 22 ribu per kg.

Operasi pasar akan dilakukan di beberapa pasar dan tempat-tempat strategis seperti di Pasar Pondok Labu, Lenteng Agung, Klender SS, Pulo Gadung, Tebet Barat dan Cijantung. Selain itu, operasi juga akan dilakukan di perumahan Pondok Indah Jati Sari Bekasi, Atsiri Permai, Bogor dan Taman Bona Indah Lebak Bulus.


Operasi Pasar ini dilakukan dari tanggal 27 hingga 28 Juli 2018 mulai pukul 08.00 WIB. Diharapkan melalui operasi ini, harga daging ayam beku akan kembali stabil.

"Saya harapkan dalam 2-3 hari ke depan harganya sudah stabil," pungkas Agung. (ega/zul)

Let's block ads! (Why?)

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4139216/cara-kementan-tekan-harga-ayam-beku-yang-capai-rp-40-ribukg

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Kementan Tekan Harga Ayam Beku yang Capai Rp 40 Ribu/Kg"

Post a Comment

Powered by Blogger.