Search

bank bjb Lahirkan Ratusan Entrepreneur Baru di Industri Kreatif

loading...

BANDUNG - Kendati populasi Indonesia cukup besar, namun jumlah entrepreneur masih sangat kecil. Hanya 3,1% dari total populasi penduduk. Meski meningkat dan telah melampaui syarat minimal kesejahteraan sebesar 2%, tapi catatan tersebut tidak bisa dikatakan baik.

Pasalnya, jumlah wirausaha di Indonesia masih kalah dibandingkan negara tetangga, seperti Singapura (7%), Malaysia (5%), dan Thailand (4%). Bahkan, angka tersebut masih jauh di bawah negara-negara dengan tingkat ekonomi maju, seperti Tiongkok (10%), Jepang (11%), hingga Amerika Serikat (12%).  

Di tengah keterbatasan sumber daya manusia, optimisme hadir dari segmen usaha mikro di sektor industri kreatif. Kesadaran anak muda Indonesia membangun usaha mandiri perlahan meningkat seiring perkembangan arus teknologi informasi. 

Sektor industri kreatif jadi pilihan strategis anak muda Tanah Air. Industri kreatif dipandang mengakomodasi keinginan milenial karena bernilai lebih, mampu menunjang gaya hidup kekinian, dan memberikan keuntungan finansial.

Senada dengan hal tersebut, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memprediksi tahun 2018 akan menjadi puncak pertumbuhan industri ekonomi kreatif. Prediksi tersebut tidak terlepas dari pertumbuhan industri kreatif yang berjalan stabil sejak 2010, yakni berada di kisaran 5% hingga 6%. 

Artinya, pertumbuhan industri kreatif berada di atas sektor listrik, gas, air bersih, pertambangan, pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, dan pengolahan. Sektor fesyen, kuliner, dan kerajinan tangan menjadi pilar pertama industri ekonomi kreatif dan bidang usaha yang meningkat paling signifikan.

Namun, dalam realisasinya, kerap muncul permasalahan seperti pembiayaan modal dan teknis pengelolaan pengembangan usaha. Keterbatasan modal dan pengetahuan dari calon pelaku usaha adalah tanggung jawab banyak pihak, termasuk industri perbankan.

Agen perubahan 

bank bjb sebagai salah satu agen perubahan nasional membuat langkah strategis untuk menciptakan wirausahawan baru. Melalui program corporate social responsibility (CSR) Kewirausahaan bjb dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (Pesat), bank bjb berhasil melahirkan ratusan entrepreneur baru melalui metode pelatihan yang digulirkan sejak 2014.

Direktur Utama bank bjb, Ahmad Irfan, mengatakan bahwa upaya melahirkan entrepreneur baru memerlukan dukungan semua stakeholder, termasuk dukungan dari industri perbankan guna mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

Program tersebut dirancang dengan tujuan melahirkan wirausaha baru mandiri yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Sasaran pelatihan wirausaha adalah pemuda pengangguran, putus sekolah, dan korban PHK. Dengan begitu, program ini akan berdampak pada peningkatan produktivitas dan laju pemberdayaan ekonomi secara langsung.

"Program ini merupakan wujud kepedulian bank bjb pada generasi muda dengan menumbuhkan dan membuka peluang berwirausaha. Diharapkan mampu mencetak pengusaha baru sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan pengangguran," tukas Ahmad Irfan.

Adapun jenis pelatihan difokuskan pada lima bidang keterampilan di sektor industri kreatif, yakni mencukur rambut, salon muslimah, menjahit, desain grafis, dan sablon. Selain itu, para peserta diberikan pemahaman manajemen bisnis kewirausahaan dan dibekali bantuan modal usaha awal.

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1325351/34/bank-bjb-lahirkan-ratusan-entrepreneur-baru-di-industri-kreatif-1532609504

Bagikan Berita Ini

0 Response to "bank bjb Lahirkan Ratusan Entrepreneur Baru di Industri Kreatif"

Post a Comment

Powered by Blogger.