Search

Sembako Melimpah, Korban Banjir Bandang Banyuwangi Butuh ...

SURYAMALANG.COM, BANYUWANGI - Bantuan untuk para korban banjir bandang di Desa Alasmalang, Banyuwangi terus mengalir, terutama bantuan sembako. Namun yang lebih dibutuhkan oleh korban terdampak sebenarnya adalah material bangunan dan kebutuhan bayi.

"Kalau bantuan sembako di sini sudah sangat banyak. Sebenarnya warga terdampak saat ini lebih membutuhkan di luar sembako," kata Fajar Suasana, Kepala BPBD Banyuwangi, Minggu (24/6/2018).

Menurut Fajar, BPBD Banyuwangi telah menyediakan dapur umum untuk kebutuhan pangan warga terdampak, sehingga lebih dari cukup.

"Apabila ada pihak yang ingin memberikan bantuan bisa dalam bentuk lainnya yang saat ini lebih dibutuhkan," kata Fajar.

Kebutuhan tersebut antara lain, material bangunan seperti cat, batu-bata, alat arco, cankul, sekop, karung glangsing, semen, dan kebutuhan material bangunan lainnya. Material bangunan ini sangat dibutuhkan warga untuk memperbaiki rumah-rumah yang terdampak banjir.

Selain itu, yang lebih penting lainnya adalah kebutuhan bayi, seperti popok, makanan bayi, tambahan gizi. Kebutuhan penting lainnya seperti selimut, matras/tikar, alat masak, P3K, serta trauma healing.

Fajar menjelaskan, pihak BPBD Banyuwangi melakukan penertiban bantuan.

"Kami lakukan penertiban bantuan, bantuan harus terpusat di posko tanggap darurat bencana yang terletak di Balai Desa Alasmalang," kata Fajar.

Fajar berharap agar tidak ada pihak-pihak yang melakukan pemberian bantuan langsung pada warga.

"Pendistribusian harus terdata, karena pemberian bantuan harus adil. Jangan didistrubusikan sendiri-sendiri," tambah Fajar.

Selain itu, BPBD juga menertibkan relawan-relawan yang banyak datang ke lokasi banjir bandang. Relawan yang datang harus membawa sendiri peralatan untuk membantu membersihkan lumpur akibat banjir.

Let's block ads! (Why?)

http://suryamalang.tribunnews.com/2018/06/24/sembako-melimpah-korban-banjir-bandang-banyuwangi-butuh-material-bangunan-dan-kebutuhan-bayi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sembako Melimpah, Korban Banjir Bandang Banyuwangi Butuh ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.